Renungan Berjalan bersama Tuhan

Aku Bertumbuh Melalui Gereja

Aku Bertumbuh Melalui Gereja

Roma 12:1-8

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Di dunia ini banyak orang yang memiliki citra yang baik. Presiden, pejuang, tokoh masyarakat, hamba Tuhan, bahkan penyanyi tingkat nasional maupun internasional. Yang menarik adalah bahwa tak sedikit dari mereka yang bertumbuh di gereja. Ketika berbagi kisah suksesnya, mereka berkata, “Saya bisa menjadi seperti sekarang ini berkat pertumbuhan yang saya alami di gereja. Gereja membentuk saya dari kecil sampai dewasa, menjadi orang yang mengenal Tuhan dengan benar. Saya bisa mengerti tujuan hidup saya, karunia dan talenta yang saya miliki, itu semua saya temukan di dalam gereja!”

Melalui keberhasilan orang-orang yang dipakai oleh Tuhan di seantero dunia ini, kita sadar betapa pentingnya peran dan panggilan gereja dalam membentuk peran anak-anak Tuhan di dunia. Gereja bukanlah tempat di mana kita beribadah seminggu sekali saja pada hari Minggu! Gereja adalah tempat di mana kita bisa belajar dan bertumbuh di dalam segala aspek kehidupan kita. Gereja juga merupakan sarana yang dapat menuntun kita untuk mengenal jati diri kita, talenta, dan karunia yang Tuhan berikan kepada kita. Gereja menjadi tempat kita menjalin relasi dengan semua orang. Dan dari gerejalah kita mewujudnyatakan dasar-dasar hidup yang benar untuk diri kita, keluarga, pekerjaan, dan lingkungan masyarakat.

Itulah peran gereja. Gereja memperlengkapi anak-anak, remaja, pemuda, dewasa, sampai kaum lanjut usia. Semua programnya dibuat untuk memperlengkapi pertumbuhan rohani dan menuntun pertumbuhan kepribadian, karakter, bakat, dan talenta. Gereja adalah tempat penggemblengan ke arah kedewasaan rohani. Paulus berkata, “Berubahlah oleh pembaharuan budimu” (Roma 12:2). Hidup kita akan terus mengalami perubahan, dan perubahan itu harus menuju pada pertumbuhan yang semakin dewasa. Dengan demikian, kita dapat membedakan mana yang baik dan benar, mana yang kehendak Allah, atau mana yang bersifat kedagingan. Peran dan panggilan gereja adalah membawa semua anggota jemaat masuk ke dalam proses perubahan hidup menuju pada pertumbuhan rohani yang semakin dewasa di dalam Tuhan. Di sana setiap anak Tuhan dapat bertumbuh semakin dewasa dan berperan penting bagi dunia ini. Marilah kita mendoakan dan melaksanakan peran gereja untuk kemuliaan-Nya. Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, aku berterima kasih karena melalui gereja aku dapat bertumbuh dengan baik. Pimpinlah hidupku supaya segala hal yang kudapatkan dari gereja dapat aku terapkan di dalam kehidupan, pekerjaan, kehidupan bermasyarakat, dalam perjalanan, dan di mana saja aku berada.
  2. Tuhan, pimpinlah seluruh program dan kegiatan pelayanan gereja supaya benar-benar dapat memperlengkapi seluruh kehidupan anggota jemaat sehingga mereka dapat berperan akif dalam bermasyarakat. Pimpinlah para hamba Tuhan yang bertugas memperlengkapi anggota jemaat. Jadikan jemaat-Mu anak-anak Tuhan yang berakar, bertumbuh, dan berubah dalam Kristus. Biarlah firman Tuhan yang mereka pelajari di gereja menuntun hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *