Khotbah Perjanjian Lama

Bekerja dengan Cinta

Oleh: Teguh Hariyanto

Kejadian 29:1-35

29:13. Segera sesudah Laban mendengar kabar tentang Yakub, anak saudaranya itu, berlarilah ia menyongsong dia, lalu mendekap dan mencium dia, kemudian membawanya ke rumahnya. Maka Yakub menceritakan segala hal ihwalnya kepada Laban. 29:14 Kata Laban kepadanya: “Sesungguhnya engkau sedarah sedaging dengan aku.” Maka tinggallah Yakub padanya genap sebulan lamanya. 29:15 Kemudian berkatalah Laban kepada Yakub: “Masakan karena engkau adalah sanak saudaraku, engkau bekerja padaku dengan cuma-cuma? Katakanlah kepadaku apa yang patut menjadi upahmu.” 29:16 Laban mempunyai dua anak perempuan; yang lebih tua namanya Lea dan yang lebih muda namanya Rahel. 29:17 Lea tidak berseri matanya, tetapi Rahel itu elok sikapnya dan cantik parasnya. 29:18 Yakub cinta kepada Rahel, sebab itu ia berkata: “Aku mau bekerja padamu tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel, anakmu yang lebih muda itu.” 29:19 Sahut Laban: “Lebih baiklah ia kuberikan kepadamu dari pada kepada orang lain; maka tinggallah padaku.” 29:20 Jadi bekerjalah Yakub tujuh tahun lamanya untuk mendapat Rahel itu, tetapi yang tujuh tahun itu dianggapnya seperti beberapa hari saja, karena cintanya kepada Rahel. 29:21 Sesudah itu berkatalah Yakub kepada Laban: “Berikanlah kepadaku bakal isteriku itu, sebab jangka waktuku telah genap, supaya aku akan kawin dengan dia.

Ada ungkapan yang mengatakan jika cinta sudah melekat “gula Jawa rasa coklat.“ Ungkapan ini hendak menegaskan bagaimana kekuatan cinta itu dapat merubah berbagai hal. Rasa cinta mampu mengubah sikap seseorang yang awalnya benci menjadi rindu, seorang yang awalnya malas menjadi rajin, yang awalnya jarang mandi kini menjadi wangi. Betul atau betul ?

Hal inilah yang juga terjadi pada diri Yakub ketika ia bekerja di rumah Laban. Oleh karena cintanya kepada Rahel maka bekerja tujuh tahun dirasanya seperti beberapa hari saja. Bahkan ia rela bekerja selama 14 tahun demi mendapatkan Rahel, orang yang ia cintai. Setelah dia ditipu oleh Laban. Mengapa ada orang dapat berhasil dengan pekerjaan yang dikerjakan ?

Salah satu kuncinya adalah ia mencintai pekerjaan yang ia kerjakan. Bayangkan saja jika Yakub  mengerjakan pekerjaannya dengan beban, pasti tujuh tahun akan sangat lama. Namun sebaliknya, ketika pekerjaan itu ia lakukan dengan kekuatan cinta, sekalipun lama tetapi akan terasa singkat.

Mengapa orang tidak dapat bekerja dengan cinta? Karena:
  • Ia tidak mengerjakan yang ia cintai artinya terpaksa
  • Tuntutan hidup memaksanya harus bekerja

Bagaimana dengan Saudara?  Sudahkah Anda bekerja dengan cinta?Bagaimana caranya bekerja dengan cinta?

Kerjakan Apa yang Anda Sukai (Cintai)

Salah satu kunci sukses dalam melakukan pekerjaan adalah kerjakanlah apa yang Anda sukai. Ada ungkapan mengatakan: ”Kerjakanlah apa yang Anda cintai, dan cintailah apa yang Anda kerjakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *