Khotbah Perjanjian Lama

Berkat bagi yang Bersandar Pada-Nya

Baik Kenji Goto, Stefanus dan Rasul Yakobus dapat dikatakan mereka hidup setia/bersandar kepada Tuhan seperti Daniel. Tapi mereka mengalami hal yang berbeda dengan Daniel. Kalau Daniel dilepaskan dari usaha orang yang mau membunuhnya, mereka ini tidak Tuhan lepaskan. Mereka terbunuh. Dengan kenyataan seperti ini, dimanakah berkat-berkat Tuhan yang ajaib bagi orang yang hidup setia serta bersandar kepada Tuhan?

Berdasarkan Daniel 6:13-29, mari kita melihat apa saja berkat Tuhan yang ajaib yang akan dialami oleh orang-orang percaya yang tetap bersandar pada Tuhan di tengah masalah yang menghimpitnya?

Mengalami Penyertaan Allah

Raja Darius sebenarnya berusaha untuk melepaskan Daniel dari gua singa. Tapi ia tidak bisa karena undang-undang orang Persia mengharuskan ketetapan yang sudah dibuat dan di tandatangani tidak bisa dibatalkan. Darius hanya bisa berharap supaya Allah menolong Daniel. Darius berkata kepada Daniel, ”Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan engkau! (Daniel 6:17). Seperti yang diharapkan raja Darius, demikianlah yang terjadi pada Daniel. Pada saat Daniel dimasukkan ke gua singa, maka Allah menyatakan penyertaan-Nya kepada Daniel melalui mengirimkan malaikat-Nya. Daniel mengalami kebenaran firman Tuhan yang tertulis di Mazmur 34:8, ”Malaikat Tuhan berkemah disekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan mereka.” Ini suatu pernyataan firman Tuhan yang menjadi penghiburan dan kekuatan bagi orang-orang percaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *