Khotbah Perjanjian Lama

Berkat bagi yang Bersandar Pada-Nya

Ada seorang wanita yang rindu melayani Tuhan. Namun ia merasa tidak memiliki apa-apa. Dia hanya bekerja menjadi seorang pembantu di sebuah keluarga di China. Tapi ia berdoa terus kepada Tuhan, supaya Tuhan memberinya kesempatan untuk bisa hidup melayaniNya. Suatu kali wanita tersebut mendapat tugas untuk mengasuh anak yang masih kecil dari majikannya. Siang malam ia menghabiskan waktunya dengan anak kecil itu. Ia mulai memperkenalkan Tuhan Yesus kepada anak kecil tersebut secara perlahan-lahan. Sampai tanpa terasa anak itu tumbuh benar-benar menjadi anak yang memahami tentang Yesus dan menerima-Nya sebagai Juruselamatnya secara pribadi.

Tuhan menjawab doa dari wanita tersebut. Tuhan memakainya menjadi alat yang membawa jiwa bagi Kristus. Dan lebih dari hal tersebut, ternyata Tuhan memakai anak kecil tersebut untuk membawa kedua orang tuanya juga menerima Kristus. Dan anak kecil tersebut bertumbuh menjadi seorang dewasa yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan Yesus sebagai misionaris. Kemuliaan Allah nyata bagi orang yang hidup bersandar kepada Tuhan.

Memiliki Kesempatan Hidup bagi-Nya

Ayat 29 mencatat, ”Dan Daniel ini memiliki kedudukan tinggi pada zaman pemerintahan Darius.” Dengan kedudukan tinggi ini, Daniel diberi kesempatan luar biasa oleh Tuhan untuk hidup bagi kemuliaan-Nya. Daniel sangat ditinggikan dari sebelumnya sangat direndahkan. Apa yang dialami Daniel ini sebenarnya secara analogi bisa menjadi gambaran tentang Yesus.

Daniel dicari-cari kesalahannya oleh para pejabat pemerintahan untuk dicelakakan; Yesus dicari-cari kesalahannya oleh imam-imam kepala, ahli taurat dan orang-orang Yahudi.

Daniel tidak ditemui kesalahannya; Yesus juga tidak ditemui kesalahannya.

Daniel dibela oleh Darius untuk diselamatkan tapi gagal; Yesus juga dibela oleh Pilatus untuk dilepaskan tapi gagal.

Daniel dimasukkan ke gua singa lalu ditutup dengan batu dan dimeteraikan; Yesus dikubur dan kuburnya juga ditutup dengan batu dan dimeteraikan.

Daniel pagi-pagi benar ditemui Darius masih hidup; Yesus pagi-pagi benar ditemui oleh para wanita juga hidup: Ia telah bangkit dari kematian.

Yesus lebih besar daripada Daniel. Kematian dan kebangkitan-Nya menyelamatkan setiap orang yang percaya. Inilah berita yang harus kita sebarkan tatkala kita diberi kesempatan untuk hidup bagi-Nya. Inilah juga berita yang memampukan kita yang telah ditebus-Nya untuk hidup bagi Allah.

Gamachis adalah seorang pemuda Ethiopia yang suatu hari bepergian dengan naik bus. Di tengah perjalanan, bus yang ditumpanginya mengalami kecelakaan dan masuk ke sebuah jurang yang dalam. Semua penumpang meninggal, kecuali dirinya. Kejadian ini membuat Gamachis bersyukur dan menyerahkan diri untuk hidup bagi Tuhan.

Pada dasarnya setiap kita orang percaya kepada Yesus adalah orang yang telah diselamatkan oleh Allah dengan ajaib. Sudah seharusnya kita mengabdikan diri kita kepada Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *