Khotbah Topikal

Etos Kerja Orang Kristen

Etos Kerja Orang Kristen

Kejadian 1:27-28; Pengkhotbah 3:22

oleh: Jenny Wongka †

Berada di tengah masyarakat yang multietnis, multireligius, multi-latar belakang serta level sosial yang tidak merata, bahkan kompleks di Indonesia memperlihatkan suatu realitas di mana latar belakang pendidikan dan lingkungan hidup manusia jelas membentuk wawasan pemikiran dan kebudayaan manusia itu sendiri. Konsekuensi logisnya adalah pendapat, penafsiran serta penerapan etika kerja bisa menjadi sangat berbeda satu dengan yang lain.

Sebagai orang Kristen di tengah masyarakat, Allah telah menetapkan tempat bagi ktia masing-masing. Teristimewa sebagai para pemuda yang sudah percaya kepada Tuhan, di mana sebagian dari kita juga sudah terjun di tengah masyarakat untuk bekerja.

Ada sejumlah pertanyaan yang sering muncul, baik dalam benak pribadi atau saat kita sedang berkumpul dalam forum diskusi informal atau obrolan formal. Pertanyaan itu antara lain:

Mengapa orang Kristen harus bekerja dengan jujur dan tulus? Mengapa orang Kristen harus memberikan dampak yang luas dalam pekerjaannya? Apakah saya harus memikirkan kesejahteraan masyarakat, peningkatan taraf hidup, keseimbangan hidup, kestabilan politik, bahkan kelestarian lingkungan hidup, dan seterusnya?

Dalam uraian saya berikut ini saya ingin mencapai satu sasaran, yaitu agar setiap anggota pemuda tahu posisi dan identitasnya sebagai orang Kristen, tahu menempatkan diri secara tepat dalam tugas dan pekerjaannya sehari-hari, baik itu di kampus maupun di kantor. Oleh karena itu, saya ingin membagikan beberapa pemikiran kristiani tentang etos kerja orang Kristen.

1 thought on “Etos Kerja Orang Kristen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *