Khotbah Perjanjian Lama

Hidup Berkemenangan Bersama Raja Dunia

Hidup Berkemenangan Bersama Raja Dunia

Mazmur 20:1-10

Oleh: Sepridel Hae Tada

Saudara-saudara, selama kebaktian liburan kali ini, kita belajar dari berbagai jenis Mazmur. Di mulai dengan mazmur ucapan syukur, pengajaran, keluhan, raja, dan terakhir minggu depan ialah mazmur kutukan. Mazmur raja (royal psalm) berkaitan erat dengan pengakuan terhadap pemerintahan atau kedaulatan TUHAN atas segala sesuatu.

Mazmur raja seringkali yang dikaitkan dengan dinasti Daud. Munculnya mazmur raja memang dimulai pada masa raja Daud. Daud, bukan sekadar seorang raja atau prajurit. Ia juga seorang pemazmur, seorang pemusik dan penyair! Ada sekitar 73 mazmur yang ditulis Daud. Daud juga turut serta mengatur formasi para penyanyi di rumah Tuhan (1Taw. 6:31-44). Mazmur raja dipakai dalam 3 momen penting yang berkaitan dengan raja, yaitu penobatan/pelantikan (2, 72, 101, 110), persiapan perang (20, 21, 89, 144), dan pernikahan (45). Mazmur raja yang dinyanyikan akan mengingatkan umat Tuhan, termasuk raja sebagai orang nomor satu di Israel bahwa Tuhan adalah Raja yang sejati yang berdaulat atas segala sesuatu. Tuhanlah yang membuat seseorang bertahta sebagai raja. Tuhanlah yang memimpin dalam perang. Tuhanlah yang memberikan keturunan kepada raja.  

Mazmur 20 merupakan contoh mazmur yang dipakai dalam liturgi ibadah sebelum seorang raja dan pasukannya maju ke medan perang! Salah satu tugas seorang raja ialah memimpin perang. Peperangan adalah hal yang umum dalam kehidupan bangsa-bangsa kuno termasuk Israel. Bagi bangsa Israel, perang bukan sekadar masalah keamanan dan politik, namun berkaitan erat dengan keagamaan atau konsep teologi orang Israel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *