Ringkasan Khotbah

Hidup Kristen yang Berkemenangan

Menikmati Hidup Masa Kini

Ayat 13, “… mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku.” Hidup ini adalah kesempatan. Kesempatan adalah kehidupan dan kehidupan merupakan kesempatan, tapi hanya sementara. Saat terbaik adalah saat sekarang ini. Anda tidak dapat memajukan masa lalu dan mustahil memundurkan masa depan Anda.

Paulus tidak tinggal dimasa lalunya, dan tidak ketakutan akan masa yang akan datang. Paulus enjoy dan bersukacita dengan hidup kekiniannya di masanya. Bagi Paulus, kehidupan yang sedang dijalaninya adalah untuk memberi buah dan menjadi berkat bagi orang lain. Paulus tidak dikuasai dan tidak membanggakan keadaan masa lalunya, tapi menguasai dan menghidupi keadaan kekiniannya di masanya dan mengharapkan masa depan yang lebih baik serta terus menghidupinya.

Paulus puas dengan hidupnya masa kini sekalipun ia tinggal dipenjara (Filipi 4:19) pada saat itu. Mengapa Paulus mampu mengatakan dan mengalaminya? Karena Paulus menguasai keadaan sekitarnya, ia mampu mengkontrol keadaan disekitarnya bukan sebaliknya.

Menghidupi Tujuan Hidup

Ayat 12, “Bukan seolah-olah aku telah memperoleh hal ini atau telah sempurna, melainkan aku mengejarnya, kalau-kalau aku dapat juga menangkapnya, karena akupun telah ditangkap oleh Kristus.” Ayat 14, “dan berlari-lari pada tujuan…”

Paulus konsisten dan menghidupi tujuan hidupnya. Paulus tanpa henti berharap, menghidupi apa yang sedang ada di hadapannya dan melakukan yang terbaik dalam perjalanan hidupnya. Komit melakukan pelayanan dimana saja dan konsisten untuk setia atas panggilannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *