Khotbah Perjanjian Baru

Jangan Takut

Jangan Takut (Lukas 12: 32)

oleh : Andy Kirana

 

Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

 

Shalom. Saudara-saudara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus, saat ini kita akan bersama-sama menikmati satu bagian firman Tuhan. Firman Tuhan yang akan kita terima saya beri tema Jangan Takut. Tema ini merupakan suatu pengajaran yang sangat menguatkan. Karena ketika tanggal 28 Mei 2013 saya dinyatakan oleh para dokter bahwa saya positif menderita Chronic Lymphocytic Leukemia (CLL), dunia saya seakan ‘ambruk’. Sebagai hamba-Nya, jujur saya merasakan ketakutan yang tidak terkira. Seakan hidup yang saya jalani ini sudah tidak berarti lagi. Namun, pada saat itu Tuhan memberi kekuatan kepada saya melalui satu ayat. Ya, cuma satu ayat, Saudara. Ayat inilah yang ingin saya bagikan kepada Saudara. Marilah kita buka Alkitab dan kita baca Injil Lukas pasal 12 ayat 32. Kita akan membaca satu ayat ini bersama-sama. Kita hormati firman Tuhan ini. Mari bersama-sama berdiri, kita ucapkan dengan iman satu ayat ini dengan suara keras. Demikian firman Tuhan.

Janganlah takut, hai kamu kawanan kecil! Karena Bapamu telah berkenan memberikan kamu Kerajaan itu.

Silakan duduk. Saudara-saudara, ini merupakan satu ayat yang menguatkan saya, yang membuat saya tidak lagi merasa keder menghadapi sakit penyakit yang bersarang di dalam tubuh saya… juga saat saya menghadapi rintangan dalam hidup. Kita akan belajar paling tidak tiga hal yang penting dari satu ayat ini, yang membuat kita tidak perlu takut lagi.

Lebih dahulu saya mau bertanya kepada Saudara, Apakah Saudara percaya kepada Tuhan Yesus? Apakah Ia mampu memenuhi apa yang menjadi kebutuhan sehari-hari? Apakah Ia mampu mengatasi kekuatan alam semesta ini? Apakah Ia mampu menyembuhkan sakit-penyakit? Apakah Ia mampu membangkitkan orang yang mati? Amin. Puji Tuhan. Itulah Tuhan kita. Itulah Yesus Kristus. Dari apa yang tadi Saudara amini, saya bisa mengatakan bahwa Dia, Yesus Kristus Tuhan kita itu mampu mengatasi segala apa pun yang kita hadapi. Dia mampu membuat apa pun di dalam kehidupan kita. Tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh Tuhan Yesus Kristus untuk kebaikan kita.

Kita mempunyai Allah yang luar biasa, Allah yang hebat, Allah yang dahsyat. Kalau itu yang Saudara percayai, coba pikirkan pertanyaan ini; mengapa aku harus takut? Mengapa aku harus merasakan ketakutan dalam hidupku? Sekarang saya mau bertanya secara jujur kepada Saudara… Saudara masih merasakan ketakutan ndak? Jujur lho ya. Masih merasakan ketakutan ndak? Masih.

Nah, itulah yang sering kali menjadi aneh, tetapi nyata di dalam kehidupan orang-orang Kristen. Aku punya Allah yang luar biasa, man. Tapi, begitu ada persoalan… nderedheg, ngewel, Saudara… ketakutan. Mungkin kita berpikir seperti itu. Tapi saya tidak menyalahkan Saudara kalau masih merasa takut. Karena apa? Karena rasa takut itu jelas ada di dalam kehidupan kita di tengah-tengah dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini.

1 thought on “Jangan Takut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *