Renungan

Kata-Kata Penghiburan

Kata-Kata Penghiburan

 

Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang, tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia.

(Amsal 12:25)

 

Dalam satu hari, berapa kali kita merasa khawatir? Pernahkah kita menghitung berapa banyak kekhawatiran kita yang menjadi kenyataan? Saya pernah membaca sebuah studi yang menyebutkan bahwa 85% dari apa yang kita khawatirkan tidak pernah menjadi kenyataan sama sekali. Jadi, mayoritas hal yang kita khawatirkan tidak menjadi kenyataan. Lalu, mengapa kita terus-menerus hidup dalam kekhawatiran?

 

“Kekuatiran dalam hati membungkukkan orang” (Amsal 12:25). Mempunyai banyak kekhawatiran itu seperti menanggung beban yang tak terlihat namun terasakan dampaknya. Memiliki banyak kekhawatiran itu menyebabkan kita seperti orang yang bungkuk—tidak bebas bergerak. Memiliki banyak kekhawatiran itu seperti orang yang membawa beban berat—banyak mengeluh.

 

“Tetapi perkataan yang baik menggembirakan dia” (Amsal 12:25). Apa yang dibutuhkan oleh orang yang berbeban berat karena kekhawatiran sehingga banyak mengeluh? Tentu saja bukan perkataan yang mematahkan semangatnya. Orang yang berbeban berat karena kekhawatiran membutuhkan kata-kata yang baik yang memberikan semangat. Nah, dari mana kita mendapatkan kata-kata yang baik?

 

Jika kita hari ini mendengarkan kekhawatiran dan keluhan orang lain, jangan tambah bebannya dengan kekhawatiran kita. Marilah kita meringankan bebannya dengan kata-kata yang baik. Kata-kata penghiburan yang meringankan bebannya.

(Wahyu Pramudya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *