Khotbah Perjanjian Baru

Kepenuhan Hidup dalam Kristus

Kepenuhan Hidup dalam Kristus

oleh : Andy Kirana

 

Shalom… Sungguh berbahagia hari ini saya boleh bersama-sama Saudara semua. Dan saat ini saya ingin membagikan satu berkat firman Tuhan dengan tema The Fullness of Life. Kita akan terima berkat hari ini melalui Surat Paulus kepada jemaat Kolose pasal 2 ayat 6 sampai dengan ayat 15.

Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.

Hati-hatilah supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. Sebab dalam Dialah berdiam secara jasmaniah seluruh kepenuhan ke-Allahan, dan kamu telah dipenuhi di dalam Dia. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. Dalam Dia kamu telah disunat, bukan dengan sunat yang dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang terdiri dari penanggalan akan tubuh yang berdosa, karena dengan Dia kamu dikuburkan dalam baptisan dan di dalam Dia kamu turut dibangkitkan juga oleh kepercayaanmu kepada kerja kuasa Allah, yang telah membangkitkan Dia dari orang mati. Kamu juga, meskipun dahulu mati oleh pelanggaranmu dan oleh karena tidak disunat secara lahiriah, telah dihidupkan Allah bersama-sama dengan Dia, sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita, dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib. Ia telah melucuti pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam kemenangan-Nya atas mereka.

Saudara-saudara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Melalui surat Kolose ini kita akan belajar bagaimana kehidupan kita baik secara rohani, jiwani, maupun badani ini sehat.

Seperti halnya pada petang hari ini, saya sudah diajak oleh pak Lukas untuk menikmati makanan dan minuman. Rasanya seger badan ini. Nah, petang hari ini saya ingin membagikan satu hal yang sangat penting, bagaimana kita menjalani kehidupan kekristenan kita ini secara segar dan sehat di dalam Tuhan.

Saya ingin memberikan suatu gambaran kepada Saudara. Bayangkan seandainya Saudara adalah seorang pemilik restoran atau kafe. Saat Saudara ada di restoran… Saudara mendengar suara ribut-ribut di luar. Kemudian, Saudara menengok, ingin tahu apa yang terjadi. Ketika Saudara lihat, ternyata ada seorang laki-laki yang sedang ribut… tapi ributnya bukan dengan manusia melainkan dengan beberapa kucing. Aneh kan? Ya, Saudara melihat ini kok anehmen, ada manusia kok ribut dengan kucing. Lalu Saudara perhatikan lagi, apa yang membuat laki-laki itu ribut dengan kucing. Ternyata, laki-laki itu ribut berebut makanan yang ada di tong sampah. Sebagai pemilik restoran Saudara mengelus dada, merasa kasihan. Kok kebangetan ya, ada manusia kok rebutan makanan apalagi makanan di tong sampah dengan beberapa kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *