Khotbah Perjanjian Lama

Ketika Tuhan Tak Terpahami

Ketika Tuhan Tak Terpahami (Kejadian 50:20)

oleh: Andy Kirana

 

Shalom. Puji Tuhan saat ini kita boleh kembali bersekutu dengan Tuhan dalam ibadah ini. Sekarang kita akan belajar dari pengalaman hidup Yusuf. Melalui kehidupannya kita bersama-sama akan belajar bagaimana ketika Allah sungguh-sungguh tidak bisa kita pahami. When God doesn’t make sense. Apa yang harus kita lakukan? Mari bersama kita baca Kejadian pasal 50 ayat 20.

Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Kita lanjutkan satu ayat lagi, Saudara. Roma pasal 8 ayat 28.

Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Saudara-saudara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus Kristus. Sebelum saya membahas lebih dalam firman Tuhan ini, saya ingin mengajak Saudara melihat sebuah kecenderungan yang konon ilmiah, Saudara. Untuk itu, saya minta tolong Pak Andi Chong untuk membantu saya.

Saudara yang dikasihi Tuhan, di layar ada kalimat yang hurufnya acak (menunjukkan di layar sebuah kalimat acak: adna bsia bcaa klaimat breisi ktaa dnegan ssunuan hruuf trelabik aasl huurf preatma dan treakhrir bnear). Saya ingin mengetes Pak Andi Chong. Bersedia, ya Pak? Coba Pak Andi Chong baca kalimat yang sesungguhnya…. (Pak Andi Chong membaca dengan benar kalimat dengan huruf acak di atas: anda bisa baca kalimat berisi kata dengan susunan huruf terbalik asal huruf pertama dan terakhir benar).

Oke, luar biasa! Tepuk tangan dulu dong untuk Pak Andi Chong. Eh… sebentar Pak, sebentar. Kalimat itu kan hurufnya saya acak. Kok bisa baca, Pak? Kenapa? (Pak Andi Chong terdiam) Nggak tau? Bisa gitu aja, ya Pak? Ya, oke ndak papa. Terima kasih, Pak.

Saudara yang dikasihi Tuhan… Pak Andi Chong tetap bisa membaca kalimat dengan benar walaupun huruf-hurufnya saya acak. Kenapa Pak Andi Chong bisa baca kalimat berisi huruf acak tadi? Karena huruf pertama dan terakhirnya benar. Itu kata kuncinya. Asal huruf pertama dan huruf terakhir benar, walaupun huruf-huruf di tengah acak, morat-marit… kita tetap bisa membaca kalimat itu. Fenomena yang menarik ini ditemukan berdasarkan riset tentang membaca. Fenomena tersebut ternyata juga sejalan dengan kehidupan Kristen. Siapa Anda dan bagaimana kehidupan Anda pada awal Anda menjadi Kristen tidak penting. Yang penting adalah Anda mau memulai langkah pertama dalam perjalanan kehidupan Kristen sebagai pengikut Kristus. Segala sesuatu pada awalnya tidak sempurna. Tuhan mengambil yang tidak sempurna untuk menjadi sempurna di dalam-Nya.

2 thoughts on “Ketika Tuhan Tak Terpahami

  1. Joss,pak..
    Ini yg saya butuhkan,,pas dgn keadaan saya sekarang. .Terimakasih.
    Tuhan pasti memberi kekuatan dan kesehatan lebih utk pak Andi..Amin

  2. Puji Tuhan…..kiranya firman ini jadi berkat kekuatan bagi Om Poey dan keluarga dalam menjalani kehidupan bersama Tuhan Yesus. Gusti berkahi. Amin….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *