Renungan Berjalan bersama Tuhan

Lihatlah Terang Itu!

Lihatlah Terang Itu!

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Mazmur 97:1-12

Apakah Anda pernah terperangkap di tempat yang gelap? Mungkin bila hal itu terjadi pada orang dewasa, maka tidak terasa begitu menakutkan atau mengerikan, kecuali Anda fobia terhadap tempat gelap, atau kegelapan terjadi saat Anda berada di tempat yang membahayakan. Yang sering terjadi pada anak-anak kecil adalah mereka akan menjerit ketakutan ketika mereka berada di kamar dan tiba-tiba lampu padam. Di dalam kegelapan itu mereka tidak dapat melihat apa-apa, bahkan barang yang ada di depan mata dengan berjarak beberapa meter saja tidak terlihat. Suasana menjadi pengap dan sesak. Ketika kegelapan terjadi, yang paling dibutuhkan pada saat itu hanyalah terang, entah itu terang yang benderang atau hanya setitik sinar sebesar pentol korek api. Hal itu sudah cukup menenangkan mereka yang berada dalam ketakutan.

Pemazmur berkata, “Terang sudah terbit bagi orang benar dan sukacita bagi orang-orang yang tulus hati” (Mazmur 97:11). Betapa melegakan kalau di tengah kegelapan dan kepekatan itu, tiba-tiba kita dapat melihat sinar terang yang bercahaya. Karena dengan sinar terang itu, kegelapan dan kepekatan apa pun akan hilang. Terang sajalah yang dapat mengusir segala kegelapan!

Jika kita berbicara masalah kegelapan, sebenarnya kapan kita mengalami kegelapan dalam kehidupan kita? Kegelapan yang bukan karena listrik mati, melainkan kegelapan hidup yang membuat hidup ini menyesakkan napas kita! Kita merasakan kegelapan tatkala kita menghadapi pergumulan dan permasalahan yang berat, baik masalah pribadi, keluarga, atau pekerjaan. Mungkin karena penyakit yang tidak sembuh-sembuh yang mendiami tubuh kita, yang membuat hidup ini terasa sangat sumpek, masalah keluarga dan perkerjaan yang semakin bertambah yang membuat hidup ini terasa semakin membosankan.

Bagaimana kita dapat keluar dari kegelapan hidup yang demikian? Bagaimana kita dapat bertahan dan mempunyai kemenangan dari kegelapan hidup yang demikian itu? Tidak ada pengharapan lain yang bisa menguatkan kita selain mencari dan menemukan terang itu dalam kehidupan kita. Kita tidak dipanggil lari dari kegelapan itu, tetapi kita harus mengusir kegelapan itu dari kehidupan kita, dan hal itu bisa terjadi jika ada terang dalam hidup kita. Terang itu sudah terbit atau sudah datang dalam kehidupan kita. Terang itu disediakan bagi orang yang benar dan tulus hati. Ini berarti terang itu diberikan kepada orang yang sudah membereskan hidupnya di hadapan Tuhan Yesus karena hanya di dalam Dia, kita dapat hidup benar dan mempunyai hati yang tulus. Ketika Terang itu ada di dalam kehidupan kita, maka kita akan dimampukan menghadapi kegelapan apa pun dalam hidup ini. Kita mempunyai kekuatan untuk melawan kegelapan itu karena Dia menyediakan kekuatan tersebut! Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *