Renungan Berjalan bersama Tuhan

Masih Ada Hari Esok

Masih Ada Hari Esok

Roma 4:1-25

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Apa yang terjadi jika harapan kita tak kunjung terwujud menjadi kenyataan? Apa yang kita rasakan jika cita-cita yang kita impikan harus kandas? Apa yang kita lakukan saat keinginan-keinginan yang kita harapkan tidak pernah terwujud? Beberapa hal dapat muncul sebagai respons atas kondisi tersebut. Respons negatif dapat berupa munculnya rasa frustrasi, stres, atau bahkan depresi. Ada juga yang menjadi sulit berkomunikasi, terus berdiam diri, tidak mau makan atau bertemu dengan siapa pun, merasa apa yang ia lakukan selalu gagal.

Ada juga yang merespons dengan positif. Kegagalan demi kegagalan ia alami namun ia terus bangkit dan berjuang. Orang ini adalah orang yang optimistis, tidak pernah merasa dirugikan jika mengalami kegagalan. Baginya, masih ada hari esok yang akan membawa harapan baru.

Memang ada beberapa respons yang ditunjukkan oleh seseorang ketika menghadapi tantangan dan pergumulan hidupnya. Kita tentu berharap menjadi pribadi tipe kedua, yang tetap optimistis dan selalu melihat adanya harapan di depan sana. Ia tidak putus asa dan terus berjuang untuk mendapatkan keberhasilan di hari esok. Dalam Roma 4:18 Paulus berkata, “Sekalipun tidak ada dasar untuk berharap, namun Abraham berharap juga dan percaya.” Paulus mengingatkan jemaat di Roma dan kita bahwa kita bisa saja kehilangan harapan jika sudah tidak ada lagi dasar untuk berharap. Namun, dari kehidupan Abraham kita melihat bagaimana ia berhasil dalam hidupnya karena percaya! Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, terima kasih atas anugerah-Mu yang luar biasa sekalipun di depan sana tampak tak ada dasar untuk berharap seperti yang dialami oleh Abraham. Namun, di dalam Engkau, harapan itu nyata dan pasti disediakan bagi semua orang yang terus berharap kepada-Mu.
  2. Tuhan, tuntunlah kami ketika kami kadang kala merasa putus asa dalam pelayanan ketika pelayanan tampaknya tidak berhasil dan tidak menghasilkan buah. Ajarlah kami untuk tetap setia mengerjakan pelayanan yang Engkau percayakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *