Khotbah Perjanjian Lama, Khotbah Pra Paska & Paska

Mengapa Engkau Meninggalkan Aku?

Mengapa Engkau Meninggalkan Aku?

Mazmur 22

Oleh: Pdt. Wahyu ‘wepe’ Pramudya

Pergumulan dan penderitaan yang kita alami di dalam kehidupan ini mempunyai daya guncang yang luar biasa di dalam diri kita. Tidak terbilang berapa banyak orang mengalami stres, lari ke penyalahgunaan obat terlarang, dan bahkan bunuh diri akibat tidak kuat menahan guncangan keras penderitaan hidup ini. Bahkan, meskipun kita adalah orang beriman, kita tidak akan luput dari kerasnya guncangan hidup ini karena pergumulan dan penderitaan. Orang beriman bahkan mengalami guncangan dua kali lipat lebih besar. Pertama karena kerasnya pergumulan dan tekanan hidup; yang kedua karena di dalam pergumulan dan penderitaan itu, sebuah pertanyaan selalu mengusik hati: di manakah Tuhan di tengah penderitaan ini? Mengapa Tuhan hanya diam saja di tengah penderitaanku?

Mengapa Engkau Meninggalkan Aku?

Itu pulalah seruan pemazmur di dalam Mazmur 22, “Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku. Allahku, aku berseru-seru pada waktu siang, tetapi Engkau tidak menjawab, dan pada waktu malam, tetapi tidak juga aku tenang.” Bukankah ini juga seruan orang beriman di tengah pergumulan, ketakutan, dan masalahnya?  Bukankah itu juga seruan Anda dan saya?

Tahukah Anda bahwa itu bukan hanya seruan Anda dan saya? Di atas kayu salib itu, Yesus Kristus, Sang Firman yang menjadi daging, meneriakkan seruan yang sama, “Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” Kayu salib adalah tempat di mana seruan dan pertanyaan manusia di sepanjang zaman digemakan, bahkan oleh Yesus Kristus sendiri:  “Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?” Begitu kerasnya daya guncang penderitaan bagi hidup orang beriman sehingga sebagian orang terjungkal di perjalanan iman mereka. Di manakah sesungguhnya Tuhan di tengah segala pergumulan, ketakutan, dan penderitaan kita?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *