Renungan Berjalan bersama Tuhan

Mengenakan Pakaian Apa?

Mengenakan Pakaian Apa?

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Roma 13:8-14

Pakaian pada umumnya menjadi bagian hidup kita yang sangat penting. Entah disadari atau tidak, sebagian dari pengeluaran keuangan kita adalah untuk pakaian. Ada orang yang sama sekali tidak memusingkan apa yang akan dipakainya, asal bersih dan pantas meskipun sangat sederhana. Namun, ada juga orang yang sangat boros untuk pakaian sehingga ia membeli pakaian seharga ratusan ribu, bahkan jutaan rupiah, karena memandang pakaian sebagai simbol dari keberadaan dan status serta harga diri di tengah masyarakat. Disadari atau tidak, orang yang melihatnya dapat berkata, “Wah ….”  

Ya, itu masalah pakaian jasmani, yaitu pakaian yang menutupi tubuh kita. Bagaimana dengan pakaian hidup kita? Mungkin kita bertanya-tanya, apakah hidup memerlukan pakaian? Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita memikirkan apa arti pakaian bagi kita? Pakaian bukan sekadar penutup tubuh, juga bukan untuk keindahan atau aksesoris belaka, melainkan sesungguhnya berfungsi untuk melindungi tubuh. Jadi, jika pakaian berfungsi untuk melindungi, apakah hidup kita memerlukan pakaian? Tentu perlu, karena hidup kita memerlukan perlindungan. Hidup yang penuh dengan tantangan dan pergumulan, hidup yang terus mengalami masalah silih berganti, hidup yang rentan terhadap stres, hidup yang dapat mengalami sakit berkepanjangan, hidup yang dapat mengalami keputusasaan dan tidak mempunyai semangat, semua itu jelas memerlukan perlindungan.

 

Hidup memerlukan pakaian untuk melindungi. Paulus berkata, “Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya” (Roma 13:14). Pakaian yang dibutuhkan oleh hidup kita adalah Tuhan Yesus Kristus. Kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai Tuhan atau Tuan yang mengatur hidup kita dalam menghadapi kegelapan dan yang menjadi jalan terang bagi kita. Ini berarti jika ada hal-hal yang bertentangan dengan terang, yaitu kegelapan, kita dapat melawannya. Bagaimana caranya hidup kita dapat mengenakan Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang? Tidak lain melalui firman Tuhan, doa, dan percaya akan janji-janji Tuhan Yesus, sambil terus-menerus belajar kebenaran firman Tuhan melalui pengalaman-pengalaman hidup yang Tuhan izinkan terjadi. Marilah kita hidup dengan mengenakan Tuhan Yesus sebagai pakaian hidup kita. Amin.

 

Pokok Doa:

  1. Tuhan, ajarlah aku untuk terus mengenakan pakaian perlengkapan senjata terang sehingga mampu menguasai diri dengan segala keinginannya, termasuk keserakahan, ketamakan, kedudukan/jabatan, segala nafsu diri yang tidak pernah puas, keuangan/kekayaan, dan sebagainya.
  2. Tuhan, pimpinlah kehidupan anak-anak Tuhan, kehidupan gereja, peranan pemimpin Kristen, agar semuanya mengenakan Kristus sebagai perlengkapan senjata terang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *