Khotbah Perjanjian Lama

Mewaspadai Tipu Muslihat Iblis

Kejadian 3:1-7

Oleh: Pdt. Paulus Surya

Suatu kali saya berada di sebuah pesawat terbang dalam perjalanan kembali ke Perth. Pada saat makanan mulai dibagikan oleh para pramugari, tiba-tiba pesawat bergoyang kencang. Pesawat bergoyang kencang sampai-sampai minuman yang terletak didepan saya tumpah mengenai celana saya. Saat itu saya sadar bahwa pesawat yang saya tumpangi dalam keadaan bahaya. Tidak lama kemudian saya mendengar orang berteriak-teriak ketakutan. Saya juga melihat para pramugari berjongkok sambil berpegangan pada tempat duduk disampingnya.

Anehnya, di tengah suasana mencekam tersebut, saya mendengar dari tempat duduk dibelakang saya, ada beberapa anak kecil yang berteriak-teriak kegirangan. Mereka berteriak, “It’s cool…..it’s fun” (asyik….seru…). Mereka pikir mungkin seperti naik mainan roller-coaster. Saat pesawat mulai tenang dan penumpang boleh melepaskan sabuk pengamannya, saya sengaja berdiri untuk melihat tempat duduk dibelakang saya. Saya melihat ada tiga anak kecil yang duduk bersama-sama, yang sempat berteriak-teriak senang saat pesawat dalam bahaya. Dalam hati saya berkata, “Mereka tidak menyadari bahaya yang sedang mengancam…jadi pikirnya malah seperti mainan yang menyenangkan”.

Dalam kehidupan rohani banyak orang yang berlaku seperti anak-anak kecil tersebut. Banyak orang berada dalam bahaya serangan iblis namun mereka berpikir itu hal yang menyenangkan. Banyak orang yang hidup dalam berbagai-bagai dosa dan hidup tanpa Allah, namun berpikir hal itu seru, asyik dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *