Khotbah Perjanjian Lama

Musim-musim Kehidupan

Musim-musim Kehidupan (Pengkhotbah 3:1-13)

oleh Andy Kirana

 

Shalom. Puji Tuhan saya boleh bersama-sama dengan Saudara-saudara semuanya dalam ibadah yang diberkati ini. Sekarang saya mau mengajak Saudara-saudara dalam perjalanan rohani. Kita akan melintasi setiap musim dalam kehidupan kita bersama-sama dengan Tuhan. Sesuai dengan tema khotbah saat ini, Seasons of Life.

Siap Saudara? Baiklah kita mulai perjalanan kita dengan membuka Alkitab kita dari Kitab Pengkhotbah pasal 3 ayat 1 sampai dengan ayat 13. Mari kita akan baca bersama-sama ayat 1 lebih dahulu.

Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apa pun di bawah langit ada waktunya.

 

Ada waktunya. Ada musimnya. Persis seperti musim-musim yang kita jalani. Ada musim panas, ada musim penghujan. Ini menunjukkan pada satu hal yang sangat penting bahwa Allah menetapkan musim-musim ini untuk kita lalui. Kita tidak bisa milih. Dan, musim-musim di dalam hidup kita ini selalu berubah. Coba pikirkan, jika hidup ini tidak berubah, betapa monotonnya hidup kita. Aku ingin hidup di musim panas terus. Aku akan lewati hidup di musim dingin terus. Aku akan jalani hidup di musim hujan terus. Sangat membosankan. Namun, pada kenyataannya kita bergembira dengan perubahan musim. Setiap musim mempunyai daya tarik khususnya sendiri, warna-warna, bau dan suasana yang berbeda. Betapa kreatifnya Allah karena telah memikirkan perubahan-perubahan itu dengan indahnya.

Musim kehidupan apa saja yang sudah ditentukan Allah yang harus kita lalui bersama-sama dengan Tuhan?

Mari kita perhatikan ayat 2 sampai dengan ayat 8. Inilah musim-musim yang ada di dalam kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *