Renungan

Nama Panggilannya ABCDEFG

Oleh: Pdt. Wahyu ‘wepe’ Pramudya

Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak.

Amsal 12:15

ABCDEFG HIJKLMN OPQRST UVWXYZ. Anda salah jika mengira saya sedang membaca rentetan abjab. Apa yang saya sebutkan tadi adalah nama seorang dosen perempuan asal Kolombia. ABCDEFG, demikian nama panggilannya, sengaja memilih rangkaian abjad dari A sampai Z untuk mengganti nama lamanya yang tak kalah unik: Ladyzunga Cyborg. Pada tahun 2012 ia mengusulkan pergantian nama yang kemudian disetujui secara resmi oleh otoritas yang berwenang setahun kemudian. Mengapa ABCDEFG melakukan hal ini? Dalam sebuah wawancara yang dimuat di dalam sebuah situs internet www.las2orillas.com, ia mengungkapkan keinginannya untuk senantiasa hadir dengan kejutan.

Menurut Anda, apakah pilihan menggunakan nama ABCDEFG HIJKLMN OPQRST UVWXYZ adalah pilihan yang bijak? Relakah Anda jika yang menggunakan nama itu adalah anggota keluarga kita? Saya yakin mayoritas orang bukannya memuji, tetapi mungkin malah mengolok-olok nama itu.

“Jalan orang bodoh lurus dalam anggapannya sendiri, tetapi siapa mendengarkan nasihat, ia bijak” (Amsal 12:15).

Amsal ini mengingatkan pentingnya seseorang untuk memperhatikan nasihat dan pertimbangan orang lain sebelum mengambil keputusan. Bisa saja seseorang merasa bahwa keputusannya tepat, tetapi hikmat dan pengalaman orang lain barangkali bisa menjadi masukan yang sangat berharga sebelum mengambil keputusan.

Namun, tentu saja halangan terbesar untuk mendengarkan nasihat orang lain ada pada diri sendiri, yakni kurangnya kerendahan hati. Kesombongan dapat menyumbat telinga kita untuk mendengarkan suara kebenaran.

Mintalah saran dan masukan agar pikiran kita berwawasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *