Khotbah Perjanjian Baru

No Turning Back!

Oleh: Pdt. Andy Kirana

Yohanes 6:60-71

Shalom, Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan. Pada kesempatan ini saya akan membagikan firman Tuhan dengan sebuah tema klasik No Turning Back! Mari kita dasari tema ini dengan membaca Injil Yohanes 6:60–71.

Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: “Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?” Yesus yang di dalam hati-Nya tahu, bahwa murid-murid-Nya bersungut-sungut tentang hal itu, berkata kepada mereka: “Adakah perkataan itu menggoncangkan imanmu? Dan bagaimanakah, jikalau kamu melihat Anak Manusia naik ke tempat di mana Ia sebelumnya berada? Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup. Tetapi di antaramu ada yang tidak percaya.” Sebab Yesus tahu dari semula, siapa yang tidak percaya dan siapa yang akan menyerahkan Dia. Lalu Ia berkata: “Sebab itu telah Kukatakan kepadamu: Tidak ada seorang pun dapat datang kepada-Ku, kalau Bapa tidak mengaruniakannya kepadanya.” Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.

Maka kata Yesus kepada kedua belas murid-Nya: “Apakah kamu tidak mau pergi juga?” Jawab Simon Petrus kepada-Nya: “Tuhan, kepada siapakah kami akan pergi? Perkataan-Mu adalah perkataan hidup yang kekal; dan kami telah percaya dan tahu, bahwa Engkau adalah Yang Kudus dari Allah.” Jawab Yesus kepada mereka: “Bukankah Aku sendiri yang telah memilih kamu yang dua belas ini? Namun seorang di antaramu adalah Iblis.” Yang dimaksudkan-Nya ialah Yudas, anak Simon Iskariot; sebab dialah yang akan menyerahkan Yesus, dia seorang di antara kedua belas murid itu.

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan. Firman Tuhan kali ini keras. Ibarat makanan, yang akan saya sajikan pada kesempatan ini bukan bubur melainkan balungan (tulang-tulang). Sekalipun ini balungan… sekalipun keras, mari kita coba untuk menikmati kelezatannya.

Untuk memahami bagian akhir dari Injil Yohanes pasal 6 ini, Saudara… kita harus mempelajari keseluruhan Yohanes pasal 6, supaya kita tidak lepas dari latar belakangnya.  Mari kita mulai dari ayat 66: ”Mulai dari waktu itu banyak murid-murid-Nya mengundurkan diri dan tidak lagi mengikut Dia.” Inilah persoalan besar yang sedang dihadapi Tuhan Yesus, yaitu murid-murid-Nya mengundurkan diri (turned back) dan tidak lagi mengikut Dia.

Yang menjadi pertanyaan, mengapa murid-murid itu mengundurkan diri. Awalnya para murid itu mengikut Tuhan Yesus ke mana pun Tuhan Yesus pergi. Tetapi, pada saat itu, mereka mengundurkan diri. Mengapa? Sebabnya sangat jelas, tertulis di ayat 60: “Sesudah mendengar semuanya itu banyak dari murid-murid Yesus yang berkata: Perkataan ini keras, siapakah yang sanggup mendengarkannya?” Nah, yang membuat banyak murid Tuhan Yesus mengundurkan diri adalah karena khotbah Tuhan Yesus keras. Tuhan Yesus tidak menyajikan makanan lembek untuk bayi melainkan makanan keras untuk orang dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *