Renungan

Pembentuk Kehidupan

Pembentuk Kehidupan

 

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

(Amsal 13:20)

 

Pepatah menyatakan, “Tunjukanlah kepadaku sahabat-sahabatmu dan aku akan menunjukkan masa depanmu.” Perkataan ini hendak menegaskan bahwa kehadiran orang-orang terdekat akan berperan serta dalam menentukan apa yang akan terjadi dalam kehidupan kita. Bukankah tak jarang kita mendengar kisah atau membaca berita tentang orang-orang yang terpengaruh oleh teman-temannya sehingga melakukan hal yang jahat?

 

“Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak” (Amsal 13:20). Amsal ini menegaskan bagaimana lingkungan yang baik, yakni orang-orang yang bijak, akan memengaruhi kehidupan kita. Pergaulan di era sekarang bukan hanya menyangkut soal pertemanan di dunia nyata, melainkan juga di dunia maya. Bukan hanya bergaul dalam arti berinteraksi secara fisik, melainkan juga lewat tulisan.

 

Cobalah periksa pergaulan kita. Dapatkah kita menyebutkan nama berapa teman, baik di dunia nyata ataupun di dunia maya, yang membawa pengaruh baik bagi kehidupan kita?

 

“Tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang” (Amsal 13:20). Siapa yang disebut dengan orang bebal dalam Amsal ini? Orang bebal adalah mereka yang menolak dengan keras untuk diajar atau belajar dari kehidupan ini. Berteman dengan orang bebal membuat kita menjadi malang karena kehidupan ini terus berubah. Perubahan hidup menuntut kesediaan untuk terus belajar. Orang yang tidak lagi mau belajar akan menjadi tertinggal atau malah menjadi beban kehidupan.

 

Jadi, apakah kita dapat mengidentifikasi siapa teman-teman kita yang tidak mendorong kita untuk terus belajar? Tinggalkanlah mereka sebelum memengaruhi kehidupan kita.

 

Pilihlah teman dengan bijak karena teman-teman inilah yang akan berperan serta dalam membentuk kehidupan kita.

(Wahyu Pramudya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *