Khotbah Perjanjian Baru

Perencanaan Orang Percaya

Perencanaan Orang Percaya (Yakobus 4:13-17)

oleh : Vincent Tanzil

 

4:13 Jadi sekarang, hai kamu yang berkata: “Hari ini atau besok kami berangkat ke kota anu, dan di sana kami akan tinggal setahun dan berdagang serta mendapat untung”, 4:14 sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap. 4:15 Sebenarnya kamu harus berkata: “Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.” 4:16 Tetapi sekarang kamu memegahkan diri dalam congkakmu, dan semua kemegahan yang demikian adalah salah. 4:17 Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa.

 

Merencanakan kehidupan adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari dalam hidup ini. Seluruh umat manusia pasti melakukan perencanaan, baik mereka yang bertemperamen sangat plegma atau sanguine sekalipun! Misalnya, saat kita bangun di pagi hari; tentu kita tidak kaget dan mengatakan “loh, kok saya bisa ada di SAAT?” Sebelum masuk ke SAAT, kita pasti merencanakan terlebih dahulu.

Perencanaan tidak dapat dilepaskan dari kehidupan umat manusia. Dari hal yang paling remeh: pakaian, makanan, kuliah, sampai tabungan untuk membeli rumah; semuanya membutuhkan perencanaan dalam taraf tertentu. Maka tidaklah berlebihan bahwa ada kata-kata bijak yang mengatakan “gagal merencanakan adalah merencanakan untuk gagal.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *