Renungan Berjalan bersama Tuhan

Perkataan yang Tepat Waktu

Perkataan yang Tepat Waktu

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

“Seseorang bersukacita karena jawaban yang diberikannya, dan alangkah baiknya perkataan yang tepat pada waktunya!” (Amsal 15:23)

Seorang bapak memberikan kesaksian yang sangat bagus. Pada suatu siang, bapak ini mengalami pergumulan yang berat. Di luar dugaan dan di luar perhitungan bisnisnya, tiba-tiba ada tagihan beban yang melampaui kekuatannya di hari itu. Sama sekali ia tidak menyiapkan dana yang sangat besar. Perjanjian yang disepakati adalah bulan depan, sekarang masih kurang dua minggu. Namun, rekan bisnisnya tidak mau tahu! Tentunya keadaan yang demikian mengubah semua rencana kerjanya hari itu. Apa yang sudah disiapkannya dari pagi sampai malam berantakan semuanya, ia bahkan tidak tahu lagi apa yang harus dilakukannya. Semua janji pertemuan dengan orang lain pada hari itu dibatalkan. Di tengah kebingungannya, ia berhenti sejenak di pinggir jalan tol Surabaya-Sidoarjo, lalu masuk ke sebuah kafe. Sembari minum kopi, ia bertanya pada diri sendiri apa yang harus dilakukannya. Tepat pada saat itu, ada sebuah SMS masuk yang berbunyi, “Dengan tinggal diam dan tenang di hadapan Tuhan, di situlah terletak kekuatanmu. Melangkahlah bersama Dia karena kamu tidak sendirian!” Saat itu juga, ia berdoa meminta hikmat dan pimpinan Tuhan.

Setelah beristirahat lima belas menit, ia benar-benar mengalami ketenangan yang luar biasa. Satu per satu masalah dapat diselesaikan hari itu dengan baik. Semua janji pertemuannya dengan orang lain dapat terlaksana dengan baik. Bukan itu saja, Tuhan telah memberikan kepadanya jalan keluar yang luar biasa! Bapak tersebut benar-benar merasakan dan mengalami suatu jawaban yang tepat pada waktunya. Ia menerima perkataan itu tepat dengan apa yang dibutuhkannya. Jelas bahwa semua ini bukan kebetulan, tetapi semua ada dalam rencana-Nya yang indah, bagi setiap orang yang terus mau bergantung kepada Tuhan.

Amsal menyebutkan bahwa perkataan yang tepat pada waktunya akan memberikan dampak yang sangat besar dalam kehidupan seseorang. Perkataan, baik yang diucapkan atau yang dituliskan, jika diberikan tepat pada waktu yang dibutuhkan, akan memberikan kekuatan, jalan keluar, dan semangat yang besar. Perkataan yang tepat, akan membuang jauh-jauh semua bentuk keputusasaan, bahkan sebaliknya dapat memberikan semangat yang baru untuk bekerja lagi. Adakalanya kita mengalami kebingungan, bahkan berputus asa karena beratnya beban dan sudah tidak bisa berpikir lagi. Kita sudah tidak tahu lagi langkah yang perlu diambil karena situasi dan kondisi yang tidak menunjang. Hanya kebingungan dan ketakutan yang kita alami. Pada saat seperti itu, ketika kita menerima pertolongan Tuhan yang datang tepat pada waktunya, segeralah bertindak, berkarya, dan bekerja lagi dengan penuh semangat. Pikiran dan hati kita mendapat pencerahan dari Tuhan sehingga semua masalah dapat diselesaikan dengan amat baik. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *