Renungan

Perspektif yang Tepat

Oleh: Pdt. Wahyu ‘wepe’ Pramudya

Siapakah yang naik ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!

(Amsal 30:4)

Suatu kali saya bertamu di rumah seorang rekan. Di hadapan saya ada tiga gambar pemandangan yang membuat saya mengerutkan dahi alias tidak saya pahami. Rekan itu tersenyum dan kemudian berkata, “Tidak jelas ya itu gambar apa? Ada kisah di balik gambar itu lho. Coba Bapak mundur agak jauh sedikit, jangan terlalu dekat, nanti akan kelihatan apa ceritanya.” Saya melangkah mundur beberapa meter. Saya kemudian melihat dengan jelas bahwa tiga gambar itu adalah sebuah rangkaian matahari mulai dari terbitnya hingga terbenamnya. Gambar itu tampak indah dari jarak dan sudut pandang tertentu.

“Siapakah yang naik ke sorga lalu turun? Siapakah yang telah mengumpulkan angin dalam genggamnya? Siapakah yang telah membungkus air dengan kain? Siapakah yang telah menetapkan segala ujung bumi? Siapa namanya dan siapa nama anaknya? Engkau tentu tahu!” (Amsal 30:4).

Penulis Amsal ini mengingatkan keterbatasan perspektif atau sudut pandang manusia. Dari sudut pandang yang terbatas, ada banyak pertanyaan yang tidak terjawab. Tentu saja hanya Tuhan, Sang Pencipta kehidupan, yang mempunyai sudut pandang yang tidak terbatas. Di hadapan ketidakterbatasan Tuhan, Amsal ini mengajak kita untuk menyadari keterbatasan perspektif manusia.

Apakah ada peristiwa yang Anda tidak mengerti mengapa harus terjadi? Sakit penyakit, kecelakaan, dan kehilangan orang tercinta adalah hal-hal yang menimbulkan pertanyaan tak terjawab. Ya, Tuhan itu mahatahu, tetapi manusia tidak selalu mempunyai jawaban. Di hadapan Sang Pencipta kehidupan, kita hanya dapat berserah, dan berharap semoga dalam perjalanan waktu kita dapat memahami perspektif yang lebih luas.

Ketika musibah menyebabkan kita kehilangan arah, mari berserah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *