Khotbah Topikal

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Bangkit Pula dari Antara Orang Mati (3)

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Bangkit Pula dari Antara Orang Mati (3)

oleh : Ps. Michael Chrisdion

 

  • Yang menderita sengsara dibawah pemerintahan Pontius Pilatus, disalibkan mati dan dikuburkan turun ke dalam kerajaan maut.
  • Pada hari yang ketiga bangkit pula dari antara orang mati.

 

Mengapa  kita tidak menerima kuasa kebangkitan yaitu karena kita melakukan terlalu banyak padahal  kita adalah ahli waris kerajaan Allah dan sebagai penerima waris  seharusnya tidak ada yang kita lakukan. Kita hanya menerima saja karena kita adalah anak-anakNya. Bagaimana kita bisa menerima kuasa kebangkitan maka kuncinya pada pesan berikut ini.

ROMA 4:22-25
22Karena itu hal ini diperhitungkan kepadanya sebagai kebenaran. 23Kata- kata ini, yaitu “hal ini diperhitungkan kepadanya,” tidak ditulis untuk Abraham saja, 24tetapi ditulis juga untuk kita; sebab kepada kitapun Allah memperhitungkannya, karena kita PERCAYA kepada Dia, yang telah membangkitkan Yesus, Tuhan kita, dari antara orang mati, 25yaitu Yesus, yang telah DISERAHKAN KARENA PELANGGARAN KITA dan DIBANGKITKAN KARENA PEMBENARAN KITA

Ini adalah cerita tentang Abraham yang percaya kepada  Tuhan. Dia tidak melakukan apapun dan hanya percaya kepada Tuhan serta  dia tidak melakukan jasa apapun.  Dan janji ini juga berlaku bagi kita orang-orang percaya yaitu kita juga menerima kuasa kebangkitan itu.

 

APAKAH ARTI PASKAH

Dikatakan bahwa Yesus diserahkan karena pelanggaran kita dan dibangkitkan karena pembenaran kita. Yesus menanggung kutuk dosa kita di kayu salib

Galatia  3:13
13Itu berarti bahwa kita semua terkutuk karena setiap kita “gagal menaati semua perintah yang ada di dalam Hukum Taurat.” Tetapi Kristus sudah menebus kita semua dari kutukan itu! Dia memberi diri-Nya sendiri untuk menggantikan kita dan menjadikan diri-Nya sendiri sebagai yang terkutuk menurut Hukum tersebut. Karena ada tertulis dalam Kitab Suci, “Terkutuklah orang yang mati digantung di tiang kayu.”

 

Yesaya 53:5-6

Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. Kita sekalian sesat seperti domba, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian.

Kasih Tuhan dinyatakan dan keadilan Tuhan di tegakkan dan karena inilah maka Yesus mati dan turun ke dalam kerajaan maut.

 

TURUN KE DALAM KERAJAAN MAUT

Yesus Turun ke dalam kerajaan maut. Namun Alkitab tidak begitu menjelaskan apa yang terjadi di antara Jumat Yesus mati dan kebangkitannya  pada hari yang ketiga.  Ada beberapa ayat  yang ditafsirkan bahwa Dia turun ke HADES atau Sheol yaitu tempat kematian untuk menunggu hari penghakiman (Romans 10:6-7, Efesus 4:8-9, 1 Petrus  3:18-20). Tetapi itu pun semua mempunyai tafsiran yang kurang tepat kalau di katakan Yesus turun ke dalam kerajaan maut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *