Khotbah Topikal

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Naik Ke Surga, Duduk di Sebelah Kanan Allah (4)

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Naik Ke Surga, Duduk di Sebelah Kanan Allah

oleh : Ps. Michael Chrisdion

 

  • NAIK KE SURGA, DUDUK DISEBELAH KANAN ALLAH, BAPA YANG MAHAKUASA.
  • DAN DARI SANA IA AKAN DATANG UNTUK MENGHAKIMI ORANG YANG HIDUP DAN YANG MATI.

 

KISAH 1:4-7

1:4 Pada suatu hari ketika Ia makan bersama-sama dengan mereka, Ia melarang mereka meninggalkan Yerusalem, dan menyuruh mereka tinggal di situ menantikan janji Bapa, yang–demikian kata-Nya–“telah kamu dengar dari pada-Ku.
1:5 Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”

1:6. Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: “Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?”
1:7 Jawab-Nya: “Engkau tidak perlu mengetahui masa dan waktu, yang ditetapkan Bapa sendiri menurut kuasa-Nya.

1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”
1:9 Sesudah Ia mengatakan demikian, terangkatlah Ia disaksikan oleh mereka, dan awan menutup-Nya dari pandangan mereka.
1:10 Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka,
1:11 dan berkata kepada mereka: “Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga.”

Ps. Michael memberikan ilustrasi bahwa ternyata ada orang yang suka nonton film yang sama secara berulang-ulang. Bagi kita secara umum itu seperti hal yang membuang-buang waktu saja. Namun setelah bertemu dengan seorang pembuat film ternyata ada alasan tertentu mengapa itu perlu dilakukan. Menurutnya kalau kita nonton satu kali saja maka kita hanya tahu alur ceritanya saja. Namun ketika kita menontonnya berulang-ulang baru kita bisa menghayati dialognya sehingga kita bisa mengerti  dan menghargai betapa sulitnya menulis skrip sebuah film, juga cara pengambilan gambar, pembuatan adegan-adegannya, musik back groundnya dsb.

Demikian juga seringkali perlakuan kita terhadap Firman Tuhan seperti itu yaitu ketika kita membaca Firman yang hanya sekilas maka kita sudah merasa tahu semua sehingga akhirnya kurang bisa memahami dan menghargai karya Tuhan dalam hidup kita. Sebab itu perlu bagi kita untuk memahami setiap perkataan yang ada dalam Firman Tuhan sehingga kita bisa memahami  betapa dalam makna yang terkandung didalamnya.

 

APA MAKNA KENAIKAN YESUS KE SURGA?

Yohanes 14:12-13

14:12. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;
14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *