Khotbah Topikal

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Pengampunan Dosa, Kebangkitan Tubuh dan Hidup yang Kekal (7)

Seri Pengakuan Iman Rasuli: Pengampunan Dosa, Kebangkitan Tubuh dan Hidup yang Kekal

oleh: Ps. Michael Chrisdion

 

1 Yohanes  1:7-9 
7Tetapi jika kita hidup di dalam terang sama seperti Dia ada di dalam terang, maka kita beroleh persekutuan seorang dengan yang lain, dan darah Yesus, Anak-Nya itu, menyucikan kita dari pada segala dosa. 8Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 9Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

APAKAH PENGAMPUNAN DOSA KITA SUDAH SEMPURNA ATAU BELUM

Seringkali muncul pertanyaan dari orang kristen  yaitu kalau dia mati lalu lupa mengaku dosa apakah masuk surga atau neraka? Pertanyaan ini seringkali mengintimidasi banyak orang kristen sehingga yang mereka lakukan adalah terus minta ampun. Pertanyaan yang lain juga muncul yaitu apakah pengampunan dosa kita tergantung oleh pengakuan dosa kita? Untuk menjawab pertanyaan ini maka biarlah Firman Tuhan sendiri yang menjelaskannya ;

Ibr 10:11-14
11setiap imam melakukan tiap-tiap hari pelayanannya dan berulang-ulang mempersembahkan korban yang sama, yang sama sekali tidak dapat menghapuskan dosa. 12Tetapi Ia, setelah mempersembahkan hanya satu korban saja karena dosa, Ia duduk untuk selama-lamanya di sebelah kanan Allah, 13dan sekarang Ia hanya menantikan saatnya, di mana musuh-musuh-Nya akan dijadikan tumpuan kaki-Nya. 14Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan (PERFECTED) untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan (SANCTIFICATION).

 

DALAM KRISTUS KITA MENERIMA POSITIONAL ATAU JUDICIAL FORGIVENESS

Secara Posisi dan secara Hukum  kita sudah menerima Pengampunan Dosa sehingga kita  tidak lagi bisa dituntut karena hutang dosa kita sudah lunas dibayar.

Posisi kita di dalam Kristus memberikan kita kepastian bahwa segala dosa  yang pernah kita lakukan dan yang akan kita lakukan sudah diampuni. Kristus sudah membayar lunas di kayu salib yaitu semua tuntutan dosa yang perlu dihukum  sehingga tidak perlu lagi ada pengorbanan atau pembayaran atas dosa. Ketika Yesus berkata sudah selesai maka itu adalah kebenaran yaitu pengampunan dosa kita adalah sempurna

 

BAGAIMANA DENGAN AYAT  BERIKUT?

1 Yoh 1:8-9 
8Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 9Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

 

PENGAKUAN ADALAH UNTUK RELATIONAL FORGIVENESS

Ternyata ayat tersebut adalah berbicara tentang hubungan. Seperti orang tua dan anak ketika anaknya melakukan kesalahan maka posisinya sebagai anak tidak pernah berubah dan dia tidak pernah menjadi bukan anak namun tetap anak. Tetapi apa yang terjadi terjadi adalah hubungan antara orang tua dan anak menjadi renggang meskipun orang tuanya sudah mengampuni karena masih ada rasa bersalah yang menjadi ganjalan dan membuat rasa bersalah atau rasa malu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *