Khotbah Perjanjian Baru

Sudahkah Kita Siap Sedia?

Oleh: Pdt. Andy Kirana

Matius 24:37-44

Roma 13:11-14

Shalom. Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan… tema kita pada kesempatan ini adalah Sudahkah Kita Siap Sedia? Tema ini sangat penting untuk mengingatkan kita semua akan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya. Terlintas dalam pikiran saya sebuah pertanyaan: seandainya nanti malam Tuhan Yesus datang, apakah Saudara-saudara sudah siap? Ini pertanyaan yang sulit karena tidak hanya membutuhkan jawaban ‘siap’ atau ‘tidak siap’. Mari kita akan menggumuli pertanyaan tersebut dengan membaca dan merenungkan firman Tuhan dari Matius 24:37-44 dan Roma 13:11-14.

“Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang.

Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga.”

Hal ini harus kamu lakukan, karena kamu mengetahui keadaan waktu sekarang, yaitu bahwa saatnya telah tiba bagi kamu untuk bangun dari tidur. Sebab sekarang keselamatan sudah lebih dekat bagi kita dari pada waktu kita menjadi percaya.

Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati. Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang dan janganlah merawat tubuhmu untuk memuaskan keinginannya.

Saudara-saudara yang dikasihi Tuhan… mari kita akan menggumuli lebih dulu apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus dalam Injil Matius. Mengapa sebagai anak-anak Tuhan kita harus siap sedia? Di sini Tuhan Yesus memberikan empat gambaran.

Pertama, Tuhan Yesus mengingatkan kita dengan kisah zaman Nabi Nuh sebelum air bah datang. Ketika itu orang-orang beraktivitas seperti biasa… melakukan kegiatan sehari-hari seperti biasa: makan, minum, kawin, mengawinkan. Mereka tidak tahu apa yang terjadi sampai pada suatu hari Nuh masuk ke bahtera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *