Renungan

Sumber-Sumber Hikmat

Sumber-Sumber Hikmat

 

Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian, jangan lupa, dan jangan menyimpang dari perkataan mulutku.

(Amsal 4:5)

 

Salah memasak nasi bisa menimbulkan penyesalan seharian. Salah memotong rambut bisa menimbulkan penyesalan sebulan lamanya. Salah mengerjakan soal-soal ujian bisa menimbulkan penyesalan setahun rasanya. Salah memilih pasangan hidup, oh  menyesal seumur hidup. Ya, hidup ini terbentuk oleh pilihan-pilihan tindakan kita. Oleh karena itu, kita harus memilih tindakan yang tepat dalam pelbagai situasi hidup. Namun, bagaimana kita dapat memilih tindakan yang tepat?

 

“Perolehlah hikmat, perolehlah pengertian” (Amsal 4:5). Amsal ini menegaskan pentingnya upaya mencari hikmat atau pengertian. Hikmat atau pengertian adalah keterampilan untuk menggunakan pengetahuan dalam menghadapi sesuatu. Hikmat itu bukan sekadar tahu tentang sesuatu, melainkan juga sanggup menerapkan pengetahuan itu dalam situasi-situasi hidup. Sebagai contoh, kita tahu bahwa air mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah. Orang berhikmat mampu menerapkan pengetahuan itu untuk menguras air di aquarium besar. Air tidak perlu diciduk sedikit demi sedikit, tetapi cukup dialirkan dari aquarium itu dengan menggunakan selang air ke tempat pembuangan.

 

Dari mana kita mendapatkan hikmat atau pengertian? Ada tiga sumber hikmat.

 

Pertama, belajar dari pengalaman sendiri. Hikmat apa yang kita peroleh dalam keberhasilan atau kegagalan kita?

 

Kedua, belajarlah dari pengalaman orang lain. Hikmat apa yang kita peroleh dengan membaca atau mendengarkan kisah hidup orang lain?

 

Ketiga, belajarlah dari sumber hikmat, yakni Allah, Sang Pencipta dan Pemelihara kehidupan. Pelajarilah kehendak dan larangan-Nya agar kita makin bijak dalam menjalani kehidupan ini.

Keputusan membentuk kehidupan. Pilihlah dengan hikmat dan pengetahuan agar tidak banyak penyesalan di masa depan.

(Wahyu Pramudya)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *