Renungan Berjalan bersama Tuhan

Tahun Mulai Menabur

Tahun Mulai Menabur

Kejadian 1:26-31

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Apa yang dilakukan oleh Allah setelah Dia selesai menciptakan seluruh alam semesta ini? Apakah Allah tinggal berpangku tangan dan berdiam diri? Apakah Dia meninggalkan ciptaannya begitu saja? Tidak! Allah terus berkarya dengan memelihara ciptaan-Nya. Allah memberikan mandat kepada manusia sebagai tangan kanan-Nya untuk menjaga dan memelihara alam semesta ini. Dalam Kejadian 1:28 Allah berfirman kepada manusia, “”Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Manusia diciptakan Allah sebagai mahluk yang paling tinggi dari segala ciptaan-Nya. Manusia mampu berpikir dan berkarya, mampu merasakan dan berkehendak, memiliki kuasa untuk  menaklukkan seluruh ciptaan-Nya. Di awal tahun kehidupan manusia, Allah telah menetapkan manusia untuk bekerja! Allah tidak menciptakan manusia untuk berdiam diri dan tidak berkarya. Allah tidak menjadikan manusia seperti robot yang tinggal diam sebelum ada perintah dari orang yang memegang kendali. Manusia dijadikan begitu sempurna seturut gambar dan rupa Allah dan dibekali dengan begitu banyak kemampuan dan keahlian yang harus digali, ditumbuhkan, dan dikaryakan.

Tuhan juga berkarya dengan luar biasa di dalam diri saudara-saudara kita yang memiliki cacat fisik. Kadang-kadang kita berpikir apakah mereka mampu bekerja dan mencukupi kebutuhan hidupnya? Ternyata mereka bisa menjadi orang-orang yang “luar biasa” dengan karya-karya yang dihasilkannya. Cacat tubuh tidak menjadi penghalang untuk berkarya. Apabila mereka yang cacat saja mampu mengembangkan dirinya secara luar biasa, apalagi mereka yang dikaruniai fisik yang normal. Marilah kita terus melakukan perintah Tuhan dengan memelihara alam semesta yang telah Dia ciptakan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *