Khotbah Perjanjian Baru

The Miracle of Life Change

Ini tidak hanya mencerminkan prinsip “menanggalkan manusia lama” (mencuri) dan “mengenakan manusia baru” (bekerja), tetapi kita juga harus mempraktikkan “gaya hidup baru – melayani” (memberi kepada orang yang berkekurangan). Alami mujizat ini, Saudara!

Nah, saatnya saya akan memeragakan bagaimana mengubah hidup ini, supaya Saudara semakin memahami prinsip ini. Boleh seseorang membantu saya? (Dimas ke mimbar).

Andy Kirana      : Mas, mau terima tantangan saya?

Dimas                : Mau.

Andy Kirana      : Betul?

Dimas                : Ya.

Andy Kirana      : Apa pun tantangan itu?

Dimas                : Siap.

Andy Kirana      : Baik. Tadi dalam firman Tuhan dikatakan, kita harus meninggalkan manusia lama. Dalam bahasa Paulus, kita harus menanggalkan baju yang lama karena baju yang lama ini compang-camping. Seandainya baju ini sudah lama dan sudah dua minggu dipakai tanpa ganti (sambil memegang baju Dimas), baju ini juga sudah robek-robek; saya tantang: tanggalkanlah baju lama dan kenakanlah pakaian yang baru. Tidak usah takut, Mas. Ini ada pakaian baru. (Jemaat tertawa dan bertepuk tangan. Dimas terlihat enggan untuk melepas bajunya). Tadi saya tantang sampai tiga kali, Anda begitu mantap terima tantangan saya. Laksanakan! (Andy Kirana memberikan baju baru kepada Dimas. Dimas menolak berganti baju). Lho, tadi terima tantangan apa pun? Dimas mau mengenakan baju baru, tetapi masih tetap mengenakan baju lama. (Jemaat memprovokasi supaya Dimas berganti baju. Akhirnya Dimas berganti baju, mengganti baju lama yang dikenakan dengan baju baru yang diberikan Andy Kirana).

Saudara… persis seperti yang dilakukan Mas Dimas, sering kali kita enggan melepas baju yang lama. Seperti Mas Dimas tadi, dia mau merangkapi baju lama dengan baju baru. Padahal, misalnya baju yang lama sudah bau, lalu kita rangkapi, apa yang terjadi, Saudara? (Jemaat menjawab, “Tetap berbau.”). Ya… tetap berbau. Ini artinya, Saudara tidak bisa hanya menutupi hidup yang lama Saudara dengan hidup yang baru. Saudara harus berganti! Paulus katakan, “Tanggalkan… lepaskan!”

Saudara, pagi ini kita diingatkan oleh Tuhan untuk terus menerus berubah. Menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru. Inilah mujizat perubahan hidup!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *