Renungan

Tuhan Tak Lepas Tangan

Oleh: Pdt. Wahyu ‘wepe’ Pramudya

Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut.

(Amsal 14:27)

“Saya sangat tergoda pada waktu itu. Tinggal tanda tangan, maka saya akan memperoleh ucapan terima kasih dalam bentuk uang dengan jumlah yang sangat besar. Namun, entah mengapa hati saya tidak merasa sejahtera. Saya seperti melihat Tuhan Yesus sedang menggeleng-gelengkan kepala melihat kelakuan saya. Akhirnya, saya menolak untuk tanda tangan,” begitulah kisah seseorang kepada saya di lounge bandara.

“Apa konsekuensi penolakan Bapak itu?” tanya saya. “Oh, tentu saja ada, Pak. Saya dimutasi ke daerah, dan segera diangkatlah rekan saya lainnya yang menyatakan kesetujuannya terhadap proyek itu. Saya sempat bertanya dan marah kepada Tuhan , ‘Inikah ganjaran bagi orang yang takut akan Engkau sehingga hidup dalam kebenaran?’ Istri selalu menghibur saya dengan berkata, ‘Orang yang takut akan Tuhan tidak akan dipermalukan.’”

“Takut akan TUHAN adalah sumber kehidupan sehingga orang terhindar dari jerat maut” (Amsal 14:27). Takut akan Tuhan berarti menghormati Tuhan. Wujud rasa hormat itu adalah ketaatan terhadap perintah-Nya. Ketaatan kepada Tuhan tidak berarti bebas dari pergumulan. Malah sikap takut akan Tuhan itu kerap kali menghasilkan kesulitan tertentu karena bertentangan dengan nilai-nilai dunia ini. 

“Kini saya telah tinggal di daerah selama tiga tahun dan merasa tetap tidak mengerti mengapa orang yang mencoba hidup benar malah mendapatkan hukuman, yakni dimutasi ke daerah. Namun, Tuhan tidak pernah lupa dengan janji-Nya. Suatu hari saya mendapatkan kabar bahwa rekan-rekan saya ditangkap oleh polisi karena kasus korupsi. Kasus itu terkait dengan proyek yang saya menolak terlibat di dalamnya. Syukur kepada Tuhan.”

Orang-orang yang takut akan Tuhan tak lepas dari kesulitan. Namun, Tuhan tidak akan pernah lepas tangan atas mereka yang  hidup di dalam sikap takut akan Dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *