Khotbah Perjanjian Baru

Ujian Hati

Ujian Hati

 

Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati

(Amsal 21:2)

 

Jika Anda adalah seorang penggemar olahraga golf, maka nama Tiger Wood tentunya sudah sangat Anda kenal. Tiger Wood adalah salah seorang pegolf terbaik di dunia pada saat ini. Namun, tahukah Anda siapa pelatih Tiger Wood? Tiger Wood pernah dilatih oleh Butch Harmann dan Hank Hanney. Tentu kita jarang mendengar nama dua pelatih itu, bukan?

 

Renungkan sejenak, mengapa pegolf sehebat Tiger Wood masih membutuhkan pelatih? Saya yakin jika Tiger Wood bertanding dengan pelatihnya, dengan mudah Wood akan mengalahkan pelatihnya.

 

Lalu, apa gunanya pelatih itu? Pelatih melihat hal-hal yang tidak terlihat oleh seorang atlet. Sehebat-hebatnya Tiger Wood, ia perlu dibantu oleh mata orang lain untuk mengenal titik-titik kelemahan dan keterbatasannya.

 

“Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi Tuhanlah yang menguji hati” (Amsal 21:2).

Amsal ini memberikan penegasan bahwa pada umumnya kita merasa tidak ada yang salah dengan pandangan dan perasaan kita. Kita merasa pandangan dan perasaan kita sepenuhnya benar. Namun, belum tentu demikian di mata orang lain, apalagi di mata Tuhan.

 

Pada umumnya, kita mudah mengkritik orang lain, tetapi pengamatan kita pada diri sendiri tidak setajam itu. Itulah sebabnya kita membutuhkan kehadiran Tuhan melalui firman-Nya sebagai cermin yang akan memperlihatkan dengan jelas apa adanya diri kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *