Renungan Berjalan bersama Tuhan

Yang Penting Aku Untung

Yang Penting Aku Untung

Amsal 1:1-7

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Filsuf kondang abad ini, Alasdair MacIntyre, berkata bahwa “a morality without God will only lead to suicide” (moralitas tanpa Allah hanya akan membawa manusia pada kebinasaan). Saya yakin kalimat ini ditulisnya setelah melalui berbagai penelitian atau pengamatan dari realitas hidup manusia saat ini. Ia menyadari bahwa tak seorang pun hidup tanpa moralitas yang melekat pada dirinya. Sejak lahir, manusia terus belajar berinteraksi dengan lingkungannya. Di saat itulah tata krama dan beragam nilai budaya membentuk kehidupan moral seseorang. Orang yang berbuat jahat menunjukkan kehidupan moralnya yang rusak. Ia akan melakukan apa saja demi kepuasan diri, tanpa peduli apakah perbuatannya itu merugikan orang lain atau tidak. Oleh karena itu, kita kerap menjumpai orang yang terus-menerus menjadi batu sandungan namun tidak pernah merasa bersalah. Bahkan di matanya, orang lainlah yang salah.

Maclntyre benar. Moralitas tanpa Allah membinasakan manusia. Hal yang utama dalam kehidupan manusia adalah “takut akan Tuhan”. Orang yang tidak takut akan Allah tidak akan pernah takut pada sesamanya sehingga perbuatannya akan terus merugikan sesama. Amsal mengatakan, “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan” (Amsal 1:7). Hidup orang benar dimulai dengan takut akan Tuhan. Artinya, ia sungguh-sungguh percaya kepada Tuhan, terus belajar firman Tuhan agar dapat mengenal kehendak-Nya, dan dengan kuasa-Nya, ia menerapkan firman itu ke dalam kehidupan sehari-hari. Orang yang demikian adalah orang yang memiliki pengetahuan kebenaran. Sedangkan orang yang mengabaikan firman Tuhan adalah orang yang bodoh. Moralitas yang tidak disertai dengan sikap takut akan Tuhan akan membawanya terjerumus ke dalam kebinasaan karena hidup yang dilihatnya adalah hidup yang sesaat saja, yakni saat ini dan tidak ada kehidupan di hari esok. Bersenang-senang hari ini sepuasnya karena besok sudah tidak ada kehidupan lagi. Jadi, menurut mereka, lebih baik memuaskan hidup demi keuntungan sebanyak mungkin. Bagi mereka, orang yang menjaga moralnya adalah orang bodoh. Demikianlah pemikiran manusia yang hidup pada akhir zaman. Jadilah orang yang hidup dengan takut akan Tuhan, berjalan dalam kebenaran Allah. Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, ampunilah aku karena aku menyadari betapa sering aku hidup tanpa memikirkan kehidupan moralku, apakah aku menjadi batu sandungan bagi orang lain atau tidak. Begitu mudah bagiku untuk menghalalkan segala cara, mencari keuntungan sendiri, padahal sesungguhnya semua itu tidak pantas di mata-Mu. Pimpinlah kehidupan moralku supaya aku sungguh-sungguh menjadi orang yang takut akan Tuhan.
  2. Tuhan, pimpinlah kehidupan gereja supaya melaluinya semua anak Tuhan menjunjung tinggi kehidupan moral sebagai kesaksian hidup yang nyata. Walaupun berat, kami ingin terus menjalani hidup yang kudus, yang semakin terkikis oleh nikmat duniawi yang membawa manusia hidup dalam kebebasan tanpa batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *