Renungan Berjalan bersama Tuhan

Anda Punya Visi?

Anda Punya Visi?

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Mazmur 1:1-6

Pertanyaan yang sering kita dengar adalah “Apakah Anda punya visi dalam hidup Anda?” Pertanyaan ini kelihatannya gampang dimengerti, tetapi sebenarnya sulit dijawab! Sebelum menjawab, kita perlu menyamakan persepsi terlebih dahulu tentang apa yang sebenarnya disebut dengan “visi”. George Barna dalam bukunya Leaders on Leadership mengatakan bahwa visi adalah “sebuah gambaran masa depan yang sangat jelas, yang Allah komunikasikan kepada para pemimpin-Nya berdasarkan pengenalan yang akurat tentang Allah, diri sendiri, dan lingkungan.” Dalam pandangan Barna, visi dimulai ketika seseorang memandang ke masa depan. Jika visi itu dimulai dengan melihat ke masa yang akan datang, maka pertanyaan yang muncul adalah “Apa yang menjadi gambaran bagi kita untuk melihat masa depan kita, baik secara pribadi maupun dalam berkeluarga? Apa yang kita harapkan dari anak-anak di masa depan?” Demikian pula dengan pekerjaan yang kita lakukan.

Melihat masa depan bukan sekadar berbicara tentang harapan atau cita-cita! Visi adalah melihat masa depan bersama rencana Allah dalam hidup kita. Artinya, kita harus bergumul bersama Allah untuk mengenal rencana-Nya dalam hidup kita secara pribadi, dalam keluarga kita, dan dalam pekerjaan, pelayanan, dan gereja kita. Ketika kita mengetahui rencana Allah bagi hidup kita, khususnya untuk masa depan kita, maka kita sudah menemukan visi kita. Ketika kita mengenal rencana Tuhan dalam hidup kita, maka kita akan semakin jelas mengetahui apa yang akan kita lakukan dan kerjakan dalam hidup kita.

 

Persoalannya, bagaimana cara kita mengetahui kehendak atau rencana Tuhan dalam hidup kita? Bukankah hal ini merupakan sesuatu yang sangat sulit? Ya, memang tidak mudah, tetapi kita bisa memulai dengan pertanyaan yang mendasar, yakni “Untuk apa aku hidup?” “Mengapa aku bisa diselamatkan oleh Tuhan Yesus?” “Dari mana aku bisa menjadi orang yang percaya kepada Tuhan Yesus?”

 

Untuk menjawabnya, jelas bukan dengan berharap akan mendapat mimpi atau penglihatan, melainkan melalui kebenaran firman Tuhan yang terus kita baca, gali, renungkan, dan melalui pengalaman-pengalaman hidup yang Tuhan izinkan terjadi. Pemazmur berkata, “Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku” (Mazmur 119:105). Firman Tuhan itulah yang akan menolong kita menemukan visi dalam hidup kita, menjelaskan tujuan Allah menyelamatkan kita, dan apa yang harus kita lakukan! Firman Tuhan akan memberitahukan kepada kita tentang rencana Allah Bapa dalam Tuhan Yesus Kristus. Bila kita terus menggumulkannya, kita akan menemukan makna hidup kita, visi kita, dan tujuan hidup kita. Amin.

 

Pokok Doa:

  1. Tuhan, biarlah firman-Mu menerangi hati, pikiran, dan kehendakku sehingga langkah hidupku selalu berada di dalam pimpinan-Mu. Sertailah aku dalam pekerjaanku sehari-hari dan berkatilah pelayanan yang kulakukan. Berilah visi dalam hidupku sehingga aku memiliki tujuan yang jelas, baik dalam berkeluarga, berkarier, dan melayani-Mu.
  2. Tuhan, mampukan para pemimpin gereja, mulai dari majelis jemaat sampai komisi, untuk menemukan visi dalam pelayanan mereka sehingga pelayanan tersebut memiliki tujuan dan sasaran yang jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *