Renungan Berjalan bersama Tuhan

Berlagak Kaya

Berlagak Kaya

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

“Ada orang yang berlagak kaya, tetapi tidak mempunyai apa-apa, ada pula yang berpura-pura miskin, tetapi hartanya banyak.” (Amsal 13:7)

Seorang anak bertumbuh dengan baik, bahkan ada dalam lingkungan yang baik. Orangtuanya sangat sederhana. Mereka bekerja keras agar dapat menyekolahkan anaknya di sekolah yang baik, supaya di masa depan, anaknya dapat hidup lebih enak daripada orangtuanya. Anak tersebut bertumbuh di lingkungan teman-temannya yang “mampu”, sehingga setelah memasuki usia dewasa, secara tidak sadar ia bertingkah laku seperti teman-temannya yang mampu. Kalau berbicara ia selalu membahas hal-hal yang besar, bahkan cenderung meremehkan teman-temannya yang tidak mampu. Kata-kata yang dipakai sering kali menyakitkan, karena cenderung “menghina” atau “mengejek” mereka yang tidak mampu. Ketika ia merumpi bersama teman-temannya, apa saja bisa jadi bahan pembicaraan. Dari pekerjaan sampai ke rekreasi dan liburan.

A Cong, sebut saja namanya, bisa menceritakan dengan baik, bagaimana ia bermain-main di Disney Land Jepang, Hongkong, dan Amerika. Semua kagum mendengar ceritanya, padahal cerita itu didapat dari teman-temannya waktu SMP yang pernah pergi ke tempat-tempat tersebut. Bukan itu saja, ia menguasai teknologi yang canggih, seolah-olah ia mempunyai semuanya … padahal, ia hanya melihat, mendengar, kemudian mengembangkan dengan daya imajinasinya sendiri. Banyak teman lain sangat tertarik dengan A Cong, karena memang ia pandai berbicara dan sangat bersahabat. Pakaian yang dipakainya selalu bermerek, bukan bikinan Rungkut atau Tanggul Angin. Setelah A Cong dewasa, ia bekerja keras, dari pagi sampai malam, hanya untuk mendapatkan uang dan membeli semua barang bermerek yang ia kenakan. Ia rela gaji satu bulan dihabiskan hanya untuk membeli sepasang sepatu bermerek, daripada memakai sepatu buatan dalam negeri. Memang dilihat dari penampilan, ia bukan sembarang orang yang bisa diremehkan secara materi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *