Renungan Berjalan bersama Tuhan

Nama Baru

Nama Baru

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

Wahyu 3:7-13

Apakah arti sebuah nama? Ada yang menganggap penting, tetapi ada juga yang menganggap tidak ada artinya apa-apa selain untuk panggilan saja. Namun, pemberian nama tidak bisa asal-asalan. Dari beberapa pengalaman orangtua yang melahirkan anaknya, mereka cukup mengalami kesulitan saat memberi nama. Oleh karena itu, ada buku yang khusus menyusun nama-nama beserta artinya. Buku itu sangat menolong bagi orang yang akan memberikan nama untuk anak-anaknya. Pada umumnya nama yang diberikan adalah nama yang mempunyai arti baik, dengan harapan agar melalui nama itu, sang anak dapat bertumbuh sesuai dengan arti nama yang indah itu. Alkitab sendiri memberikan arti bagi nama. Nama itu menyangkut identitas seseorang. Banyak tokoh Alkitab dan para hamba Tuhan yang diberi nama dengan arti yang sangat penting. Baik Musa, Yosua, Samuel, Samson, Daud, anak-anak Hosea, dan sebagainya. Dalam Perjanjian Baru muncul nama seperti Petrus, Paulus, dan Tuhan Yesus sendiri. Bahkan Alkitab memberikan perubahan-perubahan nama, misalnya Yakub menjadi Israel dan Saulus menjadi Paulus.

Allah peduli dengan nama dan memperhatikan arti nama. Dia juga merindukan kehidupan umat manusia itu akan sesuai dengan arti namanya. Di sini kita dapat melihat bahwa ketika Allah memanggil kita dengan sebuah nama baru (bukan dalam arti harus pakai nama baru, tetapi memanggil kita dengan nama kita yang sudah menjadi ciptaan baru), Dia ingin mengomunikasikan kepada kita bahwa nama baru itu adalah untuk diri-Nya. Maksudnya, nama kita itu sudah melekat dengan diri-Nya yang telah menebus kita. Dia datang ke dalam dunia ini untuk menjadi tebusan bagi umat manusia yang berdosa. Mereka yang ditebus menjadi anak-anak-Nya yang diselamatkan, dan mereka kelak akan dipanggil sesuai dengan nama mereka masing-masing. Nama yang dipanggil-Nya adalah nama yang sudah mendapat pembaruan hidup, nama yang sudah diperbarui sebagai ciptaan baru dalam Kristus. Nama yang tidak sia-sia karena ketika dipanggil, nama itu sudah menjadi bagian dalam Kerajaan Allah. Nama yang sudah tertera sebagai ahli waris Kerajaan Allah.

Tuhan Yesus menyatakan betapa sukacitanya para malaikat di surga bila ada satu orang bertobat dan percaya kepada Kristus karena ia telah menerima anugerah keselamatan itu! Yohanes berkata, “Barangsiapa menang, … akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru” (Wahyu 3:12). Kita menang karena Kristus lahir dan telah menang atas maut, dan di dalam Dia kita diberi nama baru, nama yang mendatangkan anugerah keselamatan dengan pasti. Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, aku bersyukur karena namaku sudah Engkau perbarui, sudah Engkau lahir barukan kembali. Terima kasih atas anugerah keselamatan dengan jaminan yang pasti yang Engkau anugerahkan.
  2. Tuhan, ajarlah aku dengan status yang baru, juga ajarlah aku memiliki hidup dan kesaksian yang baru. Demikian pula untuk semua orang Kristen yang mengaku diri Kristen supaya mempunyai kehidupan yang benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *