Renungan Berjalan bersama Tuhan

Bibir yang Berpengetahuan

Bibir yang Berpengetahuan

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

“Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan” (Amsal 20:15)

Emas adalah logam mulia yang mempunyai nilai tertentu, demikian juga dengan permata. Emas dan permata yang dipadukan dalam model yang unik dan serasi akan mempunyai nilai atau harga yang sangat mahal. Emas mempunyai standar nilai tertentu secara global, yang artinya ada harga yang diikuti oleh peminat emas di seluruh dunia. Permata seperti berlian juga mempunyai nilai yang sangat subjektif, dipatok dengan harga yang bisa melejit selangit. Ada banyak orang yang menanamkan investasinya dalam bentuk emas dan permata; investasi jangka panjang yang bisa disimpan sampai puluhan tahun, bahkan dapat diteruskan turun-temurun sampai anak, cucu, buyut, dan seterusnya. Emas dan permata tidak akan ditaruh di sembarang tempat. Karena mempunyai nilai dan harga, maka emas dan permata disimpan di tempat yang unik, mempunyai tempat khusus untuk menyimpannya, bahkan tempat tersebut mempunyai harga yang mahal juga.

Itulah emas dan permata, barang-barang yang sangat berharga, bernilai, dan mempunyai tempat khusus di dunia ini. Namun apa yang dikatakan oleh kitab Amsal? Sekalipun orang mempunyai banyak emas dan permata, itu semua tidak berharga jika dibandingkan dengan bibir yang berpengetahuan. Dengan kata lain, bibir yang berpengetahuan mempunyai nilai dan harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan emas dan permata. Bibir yang berpengetahuan adalah bibir yang selalu mengeluarkan kata-kata yang penuh hikmat. Bibir yang terus-menerus memberikan pengajaran kepada banyak orang. Pengajaran yang membawa para pendengarnya menuju jalan hidup yang benar dan baik.

Bibir yang berpengetahuan akan membawa orang-orang menjalani kehidupan yang takut akan Tuhan. Inilah yang mempunyai nilai dan harga yang lebih mahal dibandingkan emas dan permata. Sekalipun disebut sebagai benda-benda berharga dan mulia, benda-benda itu tetap tidak mampu memberikan jaminan bagi hidup manusia. Emas dan permata hanyalah benda mati dan tidak mempunyai nilai kekekalan. Sedangkan bibir yang berpengetahuan adalah bibir yang memberikan kebenaran kepada siapa pun yang mendengarnya sehingga ia hidup dalam kebenaran Allah. Bibir yang berpengetahuan mempunyai nilai kehidupan dalam setiap generasi, karena ajaran yang diberikan dalam kebenaran akan diteruskan kepada generasi selanjutnya. Itulah sebabnya bibir yang berpengetahuan lebih mahal daripada emas dan batu permata. Jika tidak pandai menyimpannya, benda-benda mulia ini dalam waktu yang singkat pasti akan lenyap. Marilah kita memiliki bibir yang berpengetahuan yang akan diteruskan kepada generasi-generasi di masa mendatang. Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, sertailah aku supaya dalam hidupku terus mengembangkan bibir yang berpengetahuan kepada siapa pun, khususnya kepada anak-anak sebagai generasi penerus. Berikan hikmat kepadaku dan hati yang takut akan Tuhan.
  2. Tuhan, tolonglah kami sebagai gereja agar terus memperhatikan proses belajar mengajar mulai dari anak-anak sampai kaum lanjut usia. Juga kiranya kami terus mengingatkan jemaat tentang betapa pentingnya bibir yang berpengetahuan dibandingkan dengan emas dan permata. Jadikan kami gereja yang berorientasi pada pengajaran dan pembinaan, bukan pada penampilan diri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *