Renungan Berjalan bersama Tuhan

Lakukanlah Keadilan

Lakukanlah Keadilan

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

“Melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar, tetapi menakutkan orang yang berbuat jahat.” (Amsal 21:15)

Pernahkah Anda marah kepada seorang teman karena ia melakukan sesuatu yang tidak jujur? Atau, pernahkah Anda dimarahi oleh seorang rekan karena Anda melakukan kebohongan? Padahal selama ini Anda tidak pernah berbohong dan selalu terbuka dengan orang itu. Bagaimana perasaan Anda ketika ada rekan yang berlaku tidak jujur terhadap Anda? Bagaimana jika itu terjadi dalam relasi antara suami dan istri, orangtua dan anak, saudara, dan sahabat? Pasti relasi yang dulunya baik menjadi rusak! Semua yang baik itu telah pudar karena sudah tidak ada lagi rasa saling percaya. Ada pepatah yang mengatakan, “Nila setitik rusaklah susu sebelanga.”

Apa yang dikatakan dalam kitab Amsal? Orang yang melakukan keadilan adalah kesukaan bagi orang benar. Melakukan keadilan berarti memiliki sikap yang tidak memihak. Apa yang benar dikatakan benar, dan apa yang salah diakuinya dengan jujur. Perbuatan itulah yang memberikan kesukaan bagi orang-orang yang rindu melakukan kebenaran dalam hidupnya. Kesukaan karena melakukan tindakan yang terpuji, bukan tercela; tindakan yang menyenangkan, bukan menyusahkan; perbuatan yang memberi nilai pujian, bukan kutukan.

Namun, tidak demikian dengan orang yang melakukan kejahatan, yang hidupnya dipenuhi dengan penipuan dan ketidakjujuran. Bagaimana jika orang seperti itu dihadapkan dengan keadilan? Amsal mengatakan dengan jelas bahwa mereka akan ketakutan. Mengapa? Karena keadilan akan mengejar kebenaran sampai menemukannya. Keadilan tidak mengenal kompromi. Marilah kita terus berjuang melakukan keadilan sehingga hidup kita mendatangkan berkat bagi banyak orang. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *