Renungan Berjalan bersama Tuhan

Percayalah kepada Tuhan

Percayalah kepada Tuhan

Oleh: Pdt. Nathanael Channing

“Pasanglah telingamu dan dengarkanlah amsal-amsal orang bijak, berilah perhatian kepada pengetahuanku. Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu, bila semuanya itu tersedia pada bibirmu. Supaya engkau menaruh kepercayaanmu kepada Tuhan, aku mengajarkannya kepadamu sekarang, ya kepadamu.” (Amsal 22:17-19)

Amsal, yang penuh dengan hikmat Tuhan, disebut sebagai Amsal bijak. Amsal berisi hikmat Tuhan karena kebenaran Tuhan dinyatakan melaluinya. Karena itulah kitab Amsal meminta kita untuk “pasanglah telingamu dan dengarkanlah”. Pasang telinga berarti siap sedia untuk membuka lebar-lebar telinga guna mendengarkan dengan baik dan mengerti, bukan sekadar pasang telinga sehingga masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri.

Pendengar yang baik bisa menangkap pengetahuan kebenaran, pengetahuan tentang hikmat Tuhan. Setelah ditangkap, yaitu dimengerti dengan baik dalam pikiran, kemudian dimasukkan ke dalam hati. Hati itulah yang nantinya akan menimbangnya. Hati mempunyai kekuatan, bahkan berkuasa dalam diri kita untuk mau melakukannya atau menolaknya karena yang mempunyai keinginan itu adalah hati.

Kebenaran hikmat Tuhan yang disimpan dalam hati akan terus memengaruhi seluruh kehidupan kita maka orang yang menyimpan pengetahuan kebenaran dalam hatinya akan menjadi orang yang bersukacita karena bibirnya mampu menyatakan kebenaran hikmat itu. Dengan kata lain, ucapan atau kata-kata yang keluar dari mulut kita bisa menjadi berkat bagi banyak orang. Di sana tidak akan ada perbantahan atau konflik, yang ada hanyalah suasana yang penuh dengan sukacita.

Amsal menambahkan lagi, “Bagi orang yang terus mendengarkan hikmat, maka dia juga menjadi orang yang semakin menaruh kepercayaannya kepada Tuhan.” Maksud dari “menaruh kepercayaannya kepada Tuhan” adalah ia benar-benar pasrah kepada Tuhan. Orang yang tidak mengenal kebenaran Tuhan dengan baik, ia tidak akan bisa pasrah kepada Tuhan. Kepasrahan itu membutuhkan pengenalan yang baik. Dengan mengenal seseorang dengan baik, maka kita bisa memercayainya. Demikian pula dengan orang yang semakin mengenal Tuhan, ia akan menjadi orang yang bisa percaya dan memercayakan segalanya kepada Tuhan. Jika demikian, ia akan menjadi orang yang tidak mudah khawatir, takut, atau cemas dalam menghadapi hari-hari depannya karena ia selalu percaya kepada Tuhan dan hidupnya senantiasa berjalan bersama Tuhan. Amin.

Pokok Doa:

  1. Tuhan, bimbinglah aku untuk terus mempelajari firman-Mu karena dengan belajar firman-Mu, aku semakin mengenal Tuhan di dalam hidupku. Ajarlah aku juga agar mampu untuk semakin menyerahkan hidupku kepada Tuhan, tidak berjuang dengan kekuatan sendiri. Ajarlah aku menjalani hidupku dengan iman yang benar.
  2. Tuhan, sertailah kami sebagai gereja untuk memperlengkapi anggota jemaat dalam mempelajari firman Tuhan. Biarlah seluruh anggota jemaat dapat berakar semakin mendalam untuk mengenal Kristus dan bertumbuh semakin besar serta berbuah semakin lebat. Kiranya mereka semakin percaya kepada-Mu dan Engkau pakai untuk menjadi hamba-hamba-Nya yang setia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *